Ekosistem merupakan satu kesatuan fungsional antara komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (komponen tak hidup atau lingkungan) yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi dalam bentuk hubungan timbal balik antara satu dengan yang lain. Bisa dikatakan bahwa suatu ekosistem dapat berbentuk karena adanya hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Berdasarkan cara terbentuknya, ekosistem dibedakan menjadi 3 jenis, yakni ekosistem alami, ekosistem buatan, dan ekosistem suksesi.

1. Ekosistem Alami

Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk secara alami atau tanpa campur tangan manusia. Contohnya : ekosistem padang rumput, ekosistem gurun, dan ekosistem hutan hujan tropis.

Hutan merupakan contoh ekosistem alami

2. Ekosistem Buatan

Ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan atau keperluan hidupnya. Contohnya : sawah, waduk, perkebunan, dan kolam. Ekosistem buatan memiliki keanekaragaman biotik rendah, karena umumnya ditentukan oleh pembuatnya. Misalnya komponen biotik pada ekosistem sawah, yaitu padi; pada kolam, yaitu jenis ikan tertentu, seperti ikan mas atau ikan gurami.


Sawah merupakan contoh ekosistem buatan

3. Ekosistem Suksesi

Ekosistem suksesi merupakan ekosistem hasil suksesi lingkungan yang didahului oleh kerusakan, misalnya ekosistem baru yang terbentuk setelah terjadinya gunung meletus, tsunami, penggundulan hutan atau kebakaran besar. Contohnya adalah ekosistem yang terbentuk di area yang terkena dampak meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Letusan gunung dapat menyebabkan terbentuknya ekosistem baru

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : Pengertian dan Jenis-jenis Ekosistem

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

8 komentar:

  1. artikelnya bermanfaat kak, sy jga punya artikel tentang Ekosistem, smoga bisa saling melengkapi

    Materi Biologi SMA - Ekosistem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah berkunjung mbak Intan :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Utk pembahasan macam-macam ekosistem, ada di halaman ini http://rickysetiawan96.blogspot.co.id/2014/07/macam-macam-ekosistem.html

      Hapus
  3. Kok Jenis2x ekosistemnya g di jelaskan?
    ... 😨😨

    BalasHapus
  4. Perkenalkan, saya dari POKERAYAM. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk memiliki Harta, Mobil Mewah, Rumah Mewah atau Istri Muda ?
    Jika anda ingin yang kami maksud seperti diatas, anda dapat mengunjungi kami di www(titik)pokerayam(com) banyak kisah sukses bersama kami
    Hanya Modal 10 ribu anda bisa mendapatkan Kekayaan dalam hitungan detik, Bukan Sulap Bukan Sihir ini memang nyata !!!
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    BalasHapus

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed