Memenuhi kebutuhan tubuh dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi adalah salah satu cara agar tubuh tetap bugar dan sehat. Sekitar 60 persen berat tubuh kita adalah air dan bahkan lima persen penurunan air dalam tubuh saja bisa mengurangi kekuatan otot dan ketahanan tubuh secara signifikan. Jika tubuh sampai kehilangan 20 persen cairan di dalamnya, akan bisa berujung pada kematian.

Lantas, berapa banyak cairan yang harus Anda konsumsi? Para ahli berpendapat bahwa seseorang harus mengonsumsi cairan setengah dari berat badannya. Namun tentu saja, seseorang bisa bosan jika harus terus-terusan minum air untuk mencegah dehidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh mereka.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi tanpa minum air. Tubuh tak harus mengonsumsi air karena mengonsumsi makanan yang bisa memberikan asupan garam mineral, vitamin, dan asam amino, serta air juga bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Berikut adalah dua sumber cairan yang bisa Anda konsumsi, seperti dilansir oleh Care2 (16/07).

1. Makan buah-buahan

Selain minum air, cairan juga bisa didapatkan melalui buah-buahan. Selain mengandung vitamin dan mineral, buah-buahan juga mengandung cairan yang bisa membantu Anda memenuhi cairan tubuh. Buah yang paling sempurna untuk mencegah dehidrasi adalah buah yang mengandung 88 hingga 92 persen air seperti semangka, stroberi, grapefruit, blewah, dan peach.

Sementara beberapa jenis buah yang bisa dijadikan pilihan lain dan mengandung sekitar 87 persen air di antaranya adalah jeruk, nanas, aprikot, plum, blueberry, apel, dan pear. Anda juga bisa mengonsumsi buah cherry atau anggur yang mengandung 81 persen air, atau pisang yang mengandung 74 persen air.

2. Makan sayuran

Selain buah-buahan di atas, sayuran juga salah satu sumber air dan nutrisi yang bisa membantu memenuhi cairan tubuh. Sayuran bisa memberikan nutrisi, vitamin, mineral, serta serat yang tidak bisa diberikan air, sekaligus memberikan asupan cairan pada tubuh Anda. sayuran yang paling baik sebagai sumber cairan adalah selada dan mentimun yang mengandung 96 persen air. Selain itu, lobak dan seledri juga mengandung 95 persen air.

Beberapa sayuran lain tak kalah baik untuk memberikan asupan gizi dan cairan pada tubuh seperti tomat yang mengandung 94 persen air dan kubis yang mengandung 93 persen air. Sayuran lainnya seperti brokoli, terong, cabai, kembang kol, dan bayam juga bisa dikonsumsi karena mengandung sekitar 92 persen air. Tak jauh dari beberapa sayuran tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi wortel yang mengandung 87 persen air, serta kentang yang mengandung 79 persen air.

Itulah beberapa sumber cairan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah dehidrasi dan memenuhi cairan tubuh. Air dan garam mineral tak harus selalu didapatkan lewat minum air putih atau minuman lainnya. Anda pun bisa mendapatkannya dari buah dan sayur. Selain memenuhi cairan tubuh, buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin, mineral, nutrisi, serta serat yang menyehatkan tubuh.

Sumber : Merdeka

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : Mencegah Dehidrasi Tanpa Minum Air

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed