Kolesterol, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. Tahukah anda, kolesterol merupakan salah satu lemak tubuh atau yang lebih dikenal dengan nama lipid. Sebagai lemak tubuh, kolesterol tentunya memiliki berbagai fungsi di dalam tubuh kita. Tapi jika, kadar kolesterol jahat dalam darah mengalami kenaikan atau tinggi. Maka hal ini dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh. Berbagai jenis makanan terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol anda. Lalu, apa saja makanan penurun kolesterol?

Kolesterol memang memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh manusia, jika kadar kolesterol di dalam tubuh dalam keadaan normal atau stabil. Beberapa fungsi kolesterol sebagai lemak tubuh yaitu sebagai penyusun struktur pada membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan serta pembentukan vitamin D (bersama sinar UV). Namun berbagai gangguan kesehatan pada tubuh seperti gangguan ereksi, gagal ginjal, serta jantung merupakan beberapa akibat dari kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. Nah, Berikut ini 9 Makanan Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol :

  1. Tomat merupakan makanan penurun kolesterol yang pertama. Meskipun tergolong ke dalam buah-buahan, mengkonsumsi tomat ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Anda dapat membuat jus tomat yang enak dan minumlah dua gelas jus tomat setiap hari.
  2. Alpukat merupakan makanan penurun kolesterol yang ketiga. Buah dengan penampakan bulat lonjong dan bewarna hijau tersebut merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Ini dikarenakan, ada dua jenis kolesterol dalam tubuh kita yaitu kolesterol jahat atau yang lebih dikenal LDL dan kolesterol baik dengan nama HDL.
  3. Delima merupakan makanan penurun kolesterol yang kedua. Buah bulat merah kecil tersebut ternyata juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh khususnya berfungsi mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri.
  4. Anggur merupakan makanan penurun kolesterol yang keempat. Buah anggur ternyata juga sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Dengan rutin minum dua gelas jus anggur setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh anda.
  5. Bayam menempati urutan kesembilan dari daftar makanan penurun kolesterol. Sayuran berdaun hijau kesukaan popeye ini mengandung sumber lutein. Lutein dalam bayam berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh. Jadi, ada baiknya mulai menyediakan sayur bayam sebagai menu makan harian anda.
  6. Salmon juga terdaftar sebagai makanan penurun kolesterol. Ikan salmon mengandung sumber asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. yang mana berfungsi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik didalam tubuh anda.
  7. Kacang-kacangan menjadi makanan penurun kolesterol yang ketujuh. kacang-kacangan yang dimaksud seperti kacang tanah, kenari serta almond. Kandungan lemak omega 3 dan antioksidan dalam kacang-kacangan tersebut ternyata juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.
  8. Aneka olahan kedelai (tahu dan tempe) juga efektif untuk turunkan kolesterol jahat. Kedua jenis makanan tersebut juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Manfaat lain yang dapat diperoleh yaitu terdapat sumber protein dalam kedua jenis makanan tersebut.
  9. Bawang putih merupakan makanan penurun kolesterol yang kelima. Meskipun tergolong rempah-rempah atau salah satu bumbu dapur bagi semua ibu rumah tangga. Bawang putih ternyata juga sangat efektif membantu menurnkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi satu siung bawang putih perhari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : 9 Makanan Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Ricky-Site

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed