Recent Post atau Artikel Terkini memang sangat berguna bagi sebuah situs blog. Recent Post memberikan kemudahan bagi para pengunjung blog untuk menemukan apa saja postingan yang baru dari blog atau situs web.

Sebenarnya sudah banyak tutorial mengenai cara membuat recent post di berbagai blog atau situs web diluar sana. Tetapi kebanyakan dalam membuat recent post memerlukan terlalu banyak resource atau kode-kode dari pihak ketiga. Dan hal itu bisa membuat blog kita menjadi terasa berat dan memerlukan waktu muat (loading) yang lebih lama. Tentunya anda tidak ingin kehilangan pembaca setia blog anda hanya karena gadget yang terlalu berat. Selain itu mungkin beberapa cara yang lain dirasa terlalu rumit dan sulit dipahami, terlebih bagi para blogger pemula.

Nah, untuk tutorial recent post ini kita tidak memerlukan banyak kode, dan juga tidak terlalu memberatkan blog, karena gadget recent post kali ini kita menggunakan feed blog. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembuatan recent post (artikel terkini) menggunakan feed :

1. Login/Masuk ke blogger Anda

2. Klik menu Layout/Tata Letak


3. Tambahkan gadget dengan cara klik tombol Add a Gadget/Tambahkan Gadget

4.  Pada jendala halaman yang muncul, Cari gadget Feed


5. Masukkan alamat Feed blog anda pada bagian feed url. 
Misalnya : http://www.rickysetiawan96.blogspot.com/feeds/posts/default.
Ganti www.rickysetiawan96.blogspot.com dengan alamat blog anda. Atau bagi yang menggunakan feedburner anda dapat menuliskan alamat feed anda. Misalnya: http://feeds.feedburner.com/Ricky/pdkFE. kemudian klik tombol Continue/Lanjutkan.


6. Maka akan muncul jendela pengaturan feed. Pada bagian Title Anda dapat mengisinya dengan Recent Post atau bisa juga Artikel Terkini atau Posting Terbaru sesuai keinginan anda. Pada bagian show pilih 5 items. Jumlah maksimal yang dapat ditampilkan sampai saat ini hanya 5 item, dan paling sedikit 1 item. Anda dapat mencentang opsi-opsi yang tersedia seperti item dates untuk menampilkan tanggal artikel, kemudian item sources untuk menampilkan pembuat artikel, dan open Links in new window berguna agar ketika link di klik akan terbuka jendela baru pada browser.


7. Jika Sudah klik Save/Simpan. Anda dapat melihat hasil pekerjaan membuat artikel terkini pada browser. Selesai.

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : Cara Membuat Recent Post di Blog

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed