Menggosok gigi adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan untuk membersihkan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Agar mulut dan gigi tetap sehat, sangat disarankan untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari. Namun ada kalanya orang tetap mengalami sakit gusi, gigi berlubang, dan lainnya padahal mereka sudah rajin menggosok gigi. Mengapa bisa demikian?

Menggosok gigi saja tak cukup, Anda juga harus menggosok gigi dengan cara yang benar. Melakukan kesalahan ketika menggosok gigi akan membuat kebiasaan membersihkan gigi tersebut tak optimal. Akibatnya, Anda tetap mengalami masalah dengan kesehatan gigi dan mulut meski sudah rajin membersihkan gigi.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang umum dilakukan orang ketika mereka menggosok gigi, seperti dilansir oleh Health Me Up.

1. Menggunakan sikat gigi yang salah

Memilih sikat gigi yang benar adalah salah satu hal penting sebelum Anda menggosok gigi. Pilih sikat gigi yang paling nyaman untuk digunakan menggosok gigi dan tidak melukai mulut Anda. British Dental Health Foundation menyarankan untuk menggunakan sikat gigi ukuran kecil dan sedang. Hal lain yang harus diperhatikan ketika memilih sikat gigi adalah pegangannya. Anda juga harus memilih sikat gigi yang memiliki pegangan nyaman.

Selain itu, perhatikan jenis sikat gigi, pastikan sikat gigi cukup keras untuk membersihkan gigi namun tidak sangat keras sehingga bisa merusak gigi dan gusi Anda. Gunakan sikat gigi dengan ujung yang lembut dan bulat.

2. Kebiasaan menggosok yang salah

Dokter selalu merekomendasikan agar seseorang menggosok gigi dua kali sehari. Namun jika Anda ingin menjaga kesehatan dan kebersihan gigi, cuci mulut setiap kali selesai makan atau minum makanan manis. Selain itu, jangan sampai terlalu sering menggosok gigi hingga lebih dari empat kali sehari karena bisa membuat gusi iritasi. Menggosok gigi secara lembut dua sampai tiga menit dengan baik sudah bisa membantu menjaga kebersihan gigi.

3. Tak membersihkan bagian dalam gigi

Bayak orang yang mengabaikan bagian dalam gigi ketika menggosok gigi. Plak yang terbentuk di bagian luar gigi padahal juga ada pada bagian dalam. Karena itu, plak juga bisa merusak gigi dari dalam. Anda harus memperhatikan plak tersebut dan lebih rajin menggosok gigi bagian dalam.

4. Tak menjaga kebersihan sikat gigi

Ketika Anda menyimpan sikat gigi di kamar mandi, perhatikan juga kebersihan sikat gigi Anda. Di kamar mandi, sikat gigi rentan menyimpan kuman dan bakteri karena lembap dan bisa jadi dengan dengan toilet. Pastikan untuk menjauhkan penyimpanan sikat gigi dengan bagian yang lembap di kamar mandi agar tidak terkena bakteri. Jika Anda menggunakan penutup sikat gigi, pastikan mengeringkannya terlebih dulu sebelum memasangkannya. Yang paling penting, jangan lupa untuk mencuci sikat gigi sebelum dan setelah menggunakannya.

5. Tak mengganti sikat gigi

Meski sikat gigi yang digunakan cukup baik dan nyaman, namun bukan berarti Anda tak harus menggantinya. American Dental Association merekomendasikan agar seseorang mengganti sikat gigi setiap tiga sampai empat bulan sekali. Ketika ujung sikat gigi sudah mulai rusak dan tidak beraturan, itulah saat untuk menggantinya.

Hal-hal di atas merupakan kesalahan yang paling umum dilakukan seseorang dalam menggosok gigi sehingga kebiasaan membersihkan gigi menjadi tak maksimal. Jika masih sering melakukan kesalahan di atas, hentikan sekarang juga!!

Sumber : Merdeka

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : Hindari 5 Kesalahan ini ketika Menggosok Gigi

Ricky-Site

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed