Sungai di setiap negara menjadi jantung bagi kebutuhan perairan warganya. Sungai banyak dimanfaatkan untuk pembangkit listrik maupun transportasi air dan juga untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Beberapa negara tergantung pada sungai-sungai mereka untuk menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Namun bagaimana bila sungai-sungai itu berbahaya terutama bagi mereka yang tercebur ke dalamnya lantaran menjadi habitat beberapa makhluk ganas seperti buaya.

Dilansir dari situs therichest.com, setidaknya ada lima sungai paling berbahaya sejagat. Sungai mana saja? Berikut penjelasannya :

1. Sungai Mississippi


Sungai Mississippi melewati setidaknya lima negara bagian di Amerika Serikat yakni Minnesota, Wisconsin, Iowa, Arkansas, dan Louisiana. Panjangnya mencapai 3,7 kilometer. Di hulu atau hilir sungai itu nampak bersahabat namun di pertengahan perjalanan sungai itu dikenal berbahaya.

Sungai ini berisi makhluk air seperti hiu banteng dan ikan bersisik sangat tajam. Arusnya di tengah sangat deras, dan bayak bebatuan yang bisa mengganggu perjalanan.

2. Sungai Yenisei


Sungai Yenisei mengalir melewati Mongolia dan China. Ini sungai terbesar sejagat yang terbuka hingga ke laut Artik. Sungai ini dikenal berbahaya lantaran beracun, radiasi, dan amat tercemar.

Sungai telah terkontaminasi di tingkat parah dan serius. Lantaran pencemaran ini telah menjangkiti pelbagai penyakit yakni kelainan darah pada anak-anak, hingga kanker payudara. Bayi-bayi juga mengalami penyimpangan generika.

3. Sungai Mekong


Sungai ini paling sering mengakibatkan kerusakan lantaran banjirnya yang menggenangi enam negara. Sungai Mekong mengalir dari Tibet melalui China, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Lantaran melewati wilayah dengan situasi cuaca berbeda berlayar di sungai ini tak bisa memakai petunjuk atau navigasi.

Banjir yang disebabkan oleh sungai Mekong sudah menelan kerugian tak ternilai. Pada 2008 misalnya, banjir terburuk dalam 100 tahun terjadi. Air naik hingga 12 meter dan merendam jutaan rumah di enam negara tadi dan kerusakan mencapai Rp 200 triliun.

4. Sungai Orinoco


Sungai Orinoco merupakan salah satu sungai besar di Amerika Selatan dan panjangnya mencapai 2,2 kilometer. Sungai itu mengalir melewati Kolombia dan Venezuela. Aliran air ini diapit oleh hutan yang lebat dan subur.

Sungai ini menjadi berbahaya lantaran mempunyai 200 anak sungai yang bisa menyesatkan siapa pun melewatinya. Selain itu sungai ini langganan membuat banjir besar terutama bagi mereka yang tinggal di bantaran sungai.

5. Sungai Amazon


Sungai Amazon dianggap paling terbesar sejagat. Ini sungai kedua terpanjang sedunia setelah Sungai Nil di Mesir. Di dalam air hidup pelbagai makhluk dengan ukuran yang mengerikan. Seekor ikan lele bahkan bisa tumbuh hingga 200 kilogram.

Sungai ini juga menjadi rumah bagi ular terbesar sejagat, Anakonda. Ada pula hiu banteng yang sangat agresif. Selain itu ribuan piranha akan memangsa Anda hidup-hidup.

Sumber : Merdeka

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : 5 Sungai Paling Berbahaya di Planet Bumi

Ricky-Site

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed