Dalam tutorial kali ini kita akan membuat sebuah animasi "menjengkelkan" dengan menggunakan Adobe Flash (disini saya menggunakan Adobe Flash CS4), apa itu animasi “menjengkelkan”?, untuk lebih jelasnya silakan simak langkah-langkah dibawah ini...

1. Pertama tentunya anda harus membuka aplikasi Adobe Flash (CS4) untuk versi yang lain juga tak masalah, cukup menyesuaikan saja, lalu ilih Action Script 2.0 :


2. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


3. Selanjutnya buatlah gambar kotak bertuliskan "Klik Disini Untuk Mulai" dan gambar sebuah Kursor pada stage seperti berikut atau anda bisa menggambar bentuk lain sesuai selera anda, silakan anda berimprovisasi :


4. Setelah anda selesai menggambar, selanjutnya anda pilih/seleksi gambar kotak lalu tekan F8 pada keyboard, lalu pilih Button kemudian registrasi diposisi tengah, dan untuk nama bebas, terserah anda, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :


5. Kini gambar kotak tersebut sudah menjadi simbol Button, lalu pada panel Properties, isikan Intance Name-nya dengan nama "mulai" :


6. Lalu gambar kursornya juga kita seleksi kemudian kita jadikan Movie Clip, caranya yakni dengan menekan tombol F8 dan pilih Movie Clip, registrasinya tetap ditengah, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :


7. Setelah gambar kursor tersebut sudah menjadi simbol Movie Clip, lalu pada panel Properties, isikan Intance Name-nya dengan nama "kursor" :


8. Setelah semua proses diatas selesai, kini kita tinggal menambahkan Script pada frame ke-1, caranya anda tinggal klik/pilih frame ke-1 lalu tekan tombol F9, dan masukkan Script dibawah ini :

kursor.onEnterFrame = function() {
Mouse.hide();
this.startDrag(true, 20, 20, 550, 400);
if (kursor.hitTest(mulai)) {
mulai._x = 550-random(550);
mulai._y = 400-random(400);
if (mulai._y>400) {
mulai._x = 200;
mulai._y = 200;
}
if (mulai._x>550) {
mulai._x = 200;
mulai._y = 200;
}
}
};

Hasilnya seperti berikut :


Lalu tutup panel Action Frame tersebut dan Animasi pun telah selesai dibuat, untuk melihat hasilnya silahkan tekan Ctrl+Enter dan coba anda klik kotak tersebut, hehe.... Jika anda sudah lebih paham dengan Adobe Flash dan sudah lebih mengerti akan action script, anda bisa memodifikasi atau mengkreasikannya dengan kreasi dan selera anda sendiri.

Hasilnya :

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : Membuat Animasi "Menjengkelkan" dengan Adobe Flash

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed