Siapa sih yang tak kenal kubis? Kubis adalah salah satu sayuran yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Selama ini kubis sering dihindari karena bisa memicu produksi gas yang berlebih dalam perut. Namun ini bukan berarti Anda tak mengonsumsi kubis sama sekali.

Di balik itu, kubis juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Kubis mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin C, E, dan K, sulfur, beta karoten, potasium, magnesium, dan kalsium. Kubis bahkan mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk. Apa saja manfaat kubis untuk kesehatan lainnya? Ini daftarnya, seperti dilansir oleh Daily Health Post (22/08).

1. Zat anti peradangan

Salah satu komponen yang ada dalam kubis adalah glutamine, salah satu asam amino yang paling penting untuk menjaga kesehatan otot dan paru-paru. Glutamine adalah zat anti-peradangan. Mengonsumsi makanan yang kaya glutamine bisa menurunkan efek alergi, nyeri sendi, sakit pada otot, demam, dan masalah kulit. Ibu yang baru melahirkan bisa menggunakan kubis untuk menurunkan rasa sakit pada payudara setelah melahirkan.

2. Tekanan darah

Potasium dalam kubis akan membantu melonggarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Ini akan membantu mengontrol tingkat tekanan darah. Secara tak langsung mengontrol tekanan darah akan menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

3. Kesehatan tulang

Mineral yang terdapat dalam kubis penting untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Hal yang sama juga berlaku pada kondisi perapuhan tulang.

4. Fungsi otak

Vitamin K melindungi kerusakan saraf dan meningkatkan kesehatan otak. Ini penting untuk proses pembekuan darah dan produksi protein tertentu dalam tubuh. Dengan melindungi saraf, vitamin K akan mencegah penyakit otak seperti demensia. Tak hanya itu, anthocyanins yang ada dalam kubis merah juga kaya antioksidan yang bisa menurunkan risiko kanker dan menjaga kesehatan otak atau sistem saraf.

5. Mencegah kanker

Adanya banyak antioksidan dalam kubis akan membantu Anda mencegah radikal bebas dan kerusakan pada sistem internal. Zat yang ada dalam kubis seperti lupeol, sinigrin, dan suforaphane diketahui bisa menangkal kanker. Sebuah penelitian dari Vanderbilt University juga menjelaskan bahwa mengonsumsi kubis bisa melindungi wanita dari kanker payudara.

6. Kesehatan mata

Kubis mengandung banyak beta karoten yang penting untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah katarak.

7. Menurunkan berat badan

Karena banyaknya serat dan rendahnya kalori dalam kubis, sayuran ini sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, vitamin dan mineral dalam kubis juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Serat dalam kubis juga mencegah konstipasi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Itulah beberapa manfaat hebat yang tersimpan dalam kubis. Jangan ragu lagi untuk mengonsumsi sayuran ini. Namun ingat juga untuk membatasi konsumsi kubis karena kemampuannya untuk memproduksi gas dalam jumlah banyak yang bisa menyebabkan kembung atau sering buang gas.

Sumber : Merdeka

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : 7 Manfaat Kubis untuk Kesehatan

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed