Di era digital dan teknologi maju seperti saat ini, otomatis internet menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan. Selain itu, koneksi cepat untuk mengakses dunia maya itu juga merupakan salah satu yang sangat diidamkan oleh penggunanya.

Khususnya di Indonesia, internet dengan koneksi yang cepat sangatlah dibutuhkan baik oleh orang biasa maupun oleh para pebisnis yang menjalankan usahanya secara online.

Oleh karenanya, banyak netizen di Indonesia yang menuntut pemerintah untuk menyediakan koneksi internet cepat di Tanah Air.

Dikutip dari WSJ (13/08), sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ooredoo, induk perusahaan operator seluler Indosat yang berkantor pusat di Qatar, mengungkapkan bahwa lebih dari 50 persen persen responden di Indonesia mengatakan bahwa mereka tak banyak menghabiskan waktu di internet karena koneksi internet yang sering bermasalah dan sangat lambat.

Dari penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa lebih dari 90 persen responden mengatakan bahwa internet telah mendorong mereka untuk bergerak menjadi wirausahawan dan 83 persen dari mereka tersebut berniat serius menggeluti bisnis secara online.

Dengan internet yang berjalan lambat, tentunya banyak hal yang akan terbuang sia-sia atau juga terlewati dengan begitu saja. Dan juga, bagi para pebisnis, kerugian seolah ada di depan mata apabila koneksi internet yang mereka harapkan dapat membantu usaha mereka berjalan sangat lambat.

Tentunya dari harapan-harapan tersebut merupakan pekerjaan rumah yang patut dipikirkan oleh pemerintah mengingat ada pemikiran bahwa kemajuan suatu negara salah satunya dapat diukur dari tingkat kemajuan teknologinya, termasuk internet di dalamnya.

Meskipun pernah ada laporan data analisis dari Cisco Visual Networking Index Global Forecast and Service Adoption for 2013 to 2018 yang menjelaskan bahwa diperkirakan pertumbuhan internet Indonesia akan tumbuh pesat dan memasuki era Zettabyte, namun pada kenyataannya, menurut data dari Akamai, State os Internet, untuk kuartal 1 tahun 2014, kecepatan internet Indonesia menduduki peringkat 4 terbawah di wilayah Asia.

Untuk sementara ini, urutan teratas dipegang oleh Korea Selatan dan di urutan kedua adalah Jepang. Malaysia dan Singapura sebagai negara terdekat dengan Indonesia menduduki peringkat 6 dan 4. Di bawah Indonesia adalah Filipina, Vietnam dan India.

Semoga kedepan koneksi internet di Indonesia bisa terus ditingkatkan agar menjadi lebih baik dan kecepatannya meningkat, mengingat internet sendiri saat ini menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat. Dari internet juga sejatinya bisa didapat berbagai hal yang positif.

Sumber : Merdeka

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : Internet di Indonesia masih Lambat, Harus segera di Tingkatkan!

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed