Menangis merupakan hal manusiawi yang tentunya pernah dialami oleh setiap orang. Menangis juga salah satu cara alami yang dilakukan tubuh sebagai salah satu cara mengungkapkan emosi. Tangisan bukanlah hal yang buruk. Faktanya, menangis ternyata memberi beberapa manfaat untuk kesehatan.

Dilansir oleh Health Me Up (05/08), berikut ini adalah 5 manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menangis :

1. Menyehatkan mata

Ketika menangis, air mata akan membasahi bola mata dan kelopak mata. Ini akan mencegah bola mata dari kekeringan. Selain itu, air mata juga mencegah dehidrasi pada membran mukus seseorang. Ini akan meningkatkan kemampuan penglihatan Anda.

2. Melindungi dari bakteri

Setiap hari mata kita terpapar berbagai macam bakteri dari lingkungan. Seringkali bakteri-bakteri tersebut berdiam diri di sekitar mata. Air mata yang dikeluarkan akan membantu Anda membunuh bakteri-bakteri tersebut. Ini karena air mata mengandung cairan bernama lysozyme. Menangis selama lima sampai 10 menit bisa membunuh hingga 90 - 95 persen bakteri.

3. Meningkatkan mood

Menangis bisa menurunkan tingkat mangan dalam tubuh yang berkaitan dengan mood buruk. Tingkat mangan yang tinggi bisa memicu perasaan seperti cemas, agresivitas, emosi buruk, dan mood buruk lainnya.

4. Menurunkan stres

Beberapa ahli membandingkan efek olahraga dan menangis untuk meredakan stres. Mereka menemukan bahwa ketika menangis, air mata akan menghilangkan zat kimia yang terkumpul dalam tubuh seperti endorfin, leucin-enkaphalin, dan prolactin yang bisa memicu stres dan memperburuk mood. Ini artinya dengan menangis, Anda juga bisa menurunkan stres yang dirasakan.

5. Sebagai terapi

Menangis bisa jadi salah satu cara terapi untuk mengatasi perasaan negatif yang sedang dirasakan. Ketika mengalami konflik, Anda bisa menangis untuk mengurangi perasaan negatif tersebut. Jangan salah, hal ini juga bisa membantu kesehatan, karena perasaan negatif yang berkumpul seringkali juga bisa memberikan tekanan pada kesehatan saraf dan kardiovaskular Anda. Sehingga dengan melepaskan perasaan negatif tersebut, Anda juga menjaga kesehatan saraf dan kesehatan jantung.

Itulah beberapa manfaat menangis untuk kesehatan. Jangan ragu lagi untuk menangis jika Anda tengah merasakan stres, mood buruk, atau lainnya. Menangis bisa membantu menyehatkan mata, saraf, jantung, serta meningkatkan mood Anda!

Sumber : Merdeka

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : Inilah Manfaat jika Anda Menangis

Ricky-Site

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed