Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan Singkong atau Umbi Kayu, makanan yang menjadi salah satu sumber karbohidrat ini tentunya sangat mudah kita jumpai. Singkong merupakan tumbuhan umbi-umbian, bagian umbi inilah singkong.

Pada masa Hindia Belanda, singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia pada sekitar tahun 1810, setelah sebelumnya diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16 ke Nusantara dari Brasil. Setelah itu, berbagai olahan makanan dengan bahan dasar singkong mulai bermunculan, seperti keripik, tape dan roti. Selain itu, singkong juga memilki manfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat dari makanan yang satu ini....?

Berikut ini adalah 7 manfaat dari Singkong.

1. Sumber Karbohidrat

Singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat lebih banyak dibandingkan kentang. Jadi tidak salah bila singkong menjadi salah satu makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Di dalam 100 gram singkong, terkandung 160 kalori, yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

2. Sumber Serat

Ini yang menjadikan singkong lebih baik dijadikan makanan pokok karena memiliki kandungan fiber alami yang membantu proses pencernaan. Kalori yang ada pada makanan pokok, dapat dengan mudah dicerna pula dengan kandungan serat ini. Sehingga akan senantiasa menjaga kesehatan pencernaan dan menjauhkan penyakit berbahaya pada sistem pencernaan yaitu gejala kanker usus besar.

Singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida serta menjadi sumber serat yang bagus. Hal itu membuat singkong dapat menurunkan risiko penyakit stroke, jantung, kanker usus besar serta membantu mengendalikan diabetes. manfaat singkong ini didapatkan dengan cara kukus atau rebus.

3. Protein Tinggi

Singkong lebih rendah lemak bila dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Namun, singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan kentang dan pisang.

4. Mineral penting

Singkong juga merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh, antara lain magnesium, seng, tembaga, besi, dan juga mangan. Selain itu, Jumlah kalium pada singkong bermanfaat sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh serta mengatur tekanan darah. Berdasarkan penelitian yang dilansir Affleap  manfaat singkong sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah.

5. Vitamin K

Singkong mengandung vitamin K yang berfungsi dalam membangun masa tulang. Vitamin K juga dapat melindungi dan berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

6. Vitamin B kompleks

Tanaman yang satu ini juga merupakan sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat. Riboflavin dapat membantu dalam pertumbuhan tubuh serta memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

7. Melancarkan pencernaan

Kandungan Insoluble Fiber atau Serat pada singkong tidak larut dalam Air. Serat jenis ini membantu memperlancar proses buang air besar, serta dapat menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan menjadi sehat.

Itulah 7 manfaat dari singkong, jadi jangan ragu untuk menyantap makanan yang satu ini, karena tentunya selain harganya yang relatif murah makanan ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : Inilah 7 Manfaat Singkong untuk Kesehatan

Ricky-Site

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed