Kehadiran si dinosaurus air, Spinosaurus, sebenarnya sudah mulai diketahui sejak puluhan tahun lalu. Namun, akibat Perang Dunia II sisa-sisa dari fosil Spinosaurus dinyatakan musnah untuk selamanya. Sebelum akhirnya arkeologis kembali menemukan kembali fosilnya tahun lalu.

Predator terbesar yang berjalan dan berenang di Bumi adalah persilangan antara Tyrannosaurus rex, buaya dan ikan paus, dan berkumpul dalam satu nama mengerikan Spinosaurus.

Spinosaurus diketahui sebagai salah satu predator purba terbesar dalam sejarah, bahkan dinosaurus air ini lebih besar dari Tyrannosaurus atau T-rex. Bobot dari Spinosaurus diprediksi bisa mencapai 20 ton dengan panjang tubuh hingga 15 meter! Panjang Spinosaurus pun 2,7 meter lebih panjang dari fosil T-rex terbesar yang pernah ditemukan, Daily Mail (11/09).

Fosil baru dari dinosaurus yang terlihat seperti persilangan antara T-rex, buaya, dan paus tersebut berhasil ditemukan pada tahun 2013 lalu di gurun Sahara yang terletak di negara Maroko. Spinosaurus diyakini menjadi pemangsa hiu purba dan ikan raksasa lain di perairan Afrika sekitar 97 juta tahun yang lalu.

Kepala dari dinosaurus ini terlihat seperti kepala buaya raksasa yang dilengkapi dengan puluhan taring dengan berbagai ukuran. Spinosaurus bahkan memiliki tangan dengan tiga cakar runcing yang dipakai untuk mencabik mangsanya. Kulitnya yang diperkirakan mempunyai variasi warna menjadikannya predator air dengan kemampuan kamuflase tinggi.

Spinosaurus vs T-Rex
Sementara salah satu bagian unik lain dari tubuh Spinosaurus adalah sebuah 'layar' besar yang terdapat di tengah punggungnya. Layar tersebut terbentuk dari perpanjangan tulang belakang yang diperkirakan berguna untuk berenang saat seluruh tubuhnya terbenam di bawah air. Ilmuwan juga yakin bila Spinosaurus adalah dinosaurus pertama yang mampu beradaptasi dengan baik di kehidupan air.

Untuk dapat membangun ulang dinosaurus perenang tersebut, ilmuwan menggunakan teknik replikasi tiga dimensi dengan CT scan berdasarkan fosil yang telah ditemukan.

Sumber : Merdeka

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : Mengungkap Misteri Spinosaurus!

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

2 komentar:

  1. kak kasih tau dong caranya ,kok bisa gambarnya kalau di deketin bisa membesar ,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk caranya bisa anda lihat disini :) => http://rickysetiawan96.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-gambar-posting-membesar.html

      Hapus

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed