Dari tahun ke tahun, ketika perkembangan teknologi semakin tinggi, ada pula mitos-mitos yang mengiringi pertumbuhannya.

Memang ada banyak orang yang tidak begitu mempedulikan dan menganggap mitos-mitos menyangkut teknologi tersebut benar, namun tidak sedikit pula yang justru menganggapnya nyata.

Uniknya, mitos-mitos yang sudah tercipta beberapa tahun lalu itu, sampai sekarang juga masih hadir dan dipercayai oleh banyak orang. Berikut beberapa mitos dan fakta terkait teknologi.

Mitos: Foto yang baik itu harus diambil dengan menggunakan kamera yang miliki sensor yang support untuk merapatkan pixel dalam jumlah yang banyak atau biasa disebut megapixel.

Fakta: Memang kerapatan pixel yang dimiliki sensor lensa menentukan bagus tidaknya suatu foto. Namun selain itu, ada berbagai macam hal lain yang ikut berpengaruh, seperti komposisi, sirkuit sampai dengan pencahayaan. Jadi dapat dikatakan tidak selalu kamera dengan megapixel tinggi akan menghasilkan foto yang berkualitas baik.

Mitos: Menggunakan perangkat mobile di SPBU dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan.

Fakta: Dari sejarah diciptakannya perangkat mobile, baru sekali saja ada laporan bahwa sebuah pengisian bahan bakar meledak dan terbakar, karena pada saat itu ada seorang yang menggunakan perangkat mobile di dekatnya. Namun menurut penelitian, ledakan dan kebakaran tersebut hanya dapat terjadi apabila ada percikan api. Walaupun tidak dapat dibuktikan dengan benar, namun FCC selaku pemegang otoritas perangkat mobile dunia menyarankan untuk tidak menggunakan perangkat mobile ketika sedang mengisi bahan bakar.

Mitos: Magnet dapat menghapus data.

Fakta: Untuk dapat menghapus sebuah data pada tempat penyimpanan data, diperlukan sebuah magnet yang sangat besar sekali. Itu pun tidak semua data dapat terhapus, hanya sebagian kecil saja yang akan terpengaruh. Sekarang ini, banyak perangkat penyimpanan data yang bertipe Solid State Drives (SSD) dinyatakan aman walaupun didekatkan dengan sebuah magnet.

Mitos: Meletakkan logam di dalam microwave dapat menyebabkan orang tersengat listrik.

Fakta: Memang tidak disarankan untuk memasukkan dan meletakkan sebuah logam, seperti sendok, garpu atau sejenisnya ke dalam sebuah microwave. Hal ini dikarenakan bukan masalah seseorang akan dapat tersengat listrik, melainkan ujung-ujung logam dapat memunculkan elektron yang dapat menimbulkan percikan api. Dan percikan tersebut yang dapat menyebabkan kebakaran.

Sumber : Merdeka

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : 4 Mitos dan Fakta dalam Dunia Teknologi

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed