Buah Cranberry
Cranberry merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari marga beri-berian. Seperti yang Anda ketahui, buah beri kaya akan anti oksidan yang baik untuk peningkatan kesehatan tubuh, yang mana mampu menangkal tubuh Anda dari efek buruk radikal bebas.. Selain itu buah beri juga mengandung vitamin C, potasium, sodium, zinc, dan zat besi dalam dosis yang tinggi. Selain buah stroberi, buah cranberry saat ini juga cukup dikenal masyarakat Indonesia.

Berikut adalah manfaat menakjubkan buah cranberry untuk kesehatan seperti dilansir dari boldsky.com dan care2.com.

1. Menghindarkan dari resiko infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih bisa sangat buruk untuk kesehatan Anda. Dengan mengonsumsi cranberry Anda dapat menghapus mikro organisme penyebab infeksi saluran kemih dan juga menghilangkan bakteri yang mengendap di ginjal atau kandung kemih.

Sudah banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa minum jus cranberry mampu memerangi bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

2. Mencegah tumor

Cranberry kaya akan senyawa polifenol yang baik untuk mencegah pertumbuhan tumor di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jus cranberry secara teratur maka dapat menghentikan pertumbuhan tumor yang mampu menyebabkan kerusakan organ penting lainnya seperti paru-paru, payudara, dan prostat.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi buah cranberry mampu meningkatkan sistem kesehatan kardiovaskular Anda sebab flavonoid di dalamnya mampu mengurangi lemak dan menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Penelitian juga menunjukkan bahwa makan buah cranberry baik untuk kesehatan jantung Anda sebab tinggi kandungan zat antioksidan di dalamnya.

4. Melindungi kesehatan gigi

Cranberry mampu melawan bakteri penyebab plak di gigi. Kandungan proanthocyanidine di dalam cranberry mampu melindungi gigi Anda dari bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan mengurangi timbulnya plak.

5. Mencegah penyakit pernapasan

Haemophilus influenza merupakan bakteri yang menyebabkan infeksi pada telinga dan pernapasan anak-anak. Sedangkan buah ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit pernapasan.

6. Mencegah obesitas

Jika Anda menderita obesitas, konsumsilah jus cranberry secara rutin. Sebab buah ini kaya akan asam organik yang dapat mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh Anda.

7. Mencegah kanker

Cranberry merupakan sumber dari quercetin flavonoid, zat alami yang dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara, mulut, lambung, dan prostat.

8. Mencegah sakit lambung

Makan cranberry baik untuk melawan bakteri yang mampu membuat sakit maag atau sakit lambung.

9. Menjaga kesehatan mata

Jaga kesehatan mata Anda dengan selalu makan buah cranberry karena kandungan vitamin A dan vitamin C di dalamnya.

Ternyata di balik bentuknya yang kecil, buah cranberry kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Selain dikonsumsi secara langsung, olahan jus cranberry juga baik untuk kesehatan tubuh. Namun ketika membuat jus cranberry jangan mencampurnya dengan gula. Tertarik untuk mencobanya?

Sumber/Referensi : Merdeka

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : Inilah 9 manfaat buah Cranberry bagi kesehatan

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

2 komentar:

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed