Meski disebut Petai cina, namun, tumbuhan yang mempunyai nama keren wild tamarind dan ngetop disebut peuteuy selong, ini datang dari Amerika Tropis. Tumbuhan ini memiliki batang pohon keras dengan ukuran sedang-sedang saja. Daunnya majemuk terurai dalam tangkai berbilah ganda.

Memakai nama petai, mungkin karena tumbuhan ini mirip petai, terutama buahnya meski berukuran lebih kecil dan berpenampang lebih tipis. Buah petai cina termasuk buah polong, berisi biji-biji kecil yang jumlahnya cukup banyak.

Petai cina oleh para petani di pedesaan sering ditanam sebagai tanaman pagar atau tanaman peneduh. Kadang tumbuh liar dan dapat ditemukan di dataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Petai cina dipakai untuk pupuk hijau, sedang daun muda, tunas bunga dan polongnya dimakan sebagai lalab mentah atau dimasak terlebih dahulu.

Tumbuhan dari suku Mimesaceae ini ternyata mempunyai khasiat sebagai obat, terutama biji buah polongnya. Biji dari buah polong petai cina yang sudah tua setiap 100 gramnya mempunyai nilai kandungan kimia berupa zat kalori sebesar 148 kalori, protein 10,6 gram, lemak 0,5 gram, hidrat arang 26,2 gram, kalsium 155 miligram, fosfor 59 miligram, besi 2,2 miligram, vitamin A, B, dan C.


Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, ada beberapa manfaat dari petai cina untuk tubuh, antara lain adalah :

1. Meringankan derita psoriasis

Penyakit kulit psoriasis memang tidak menular, namun bisa menjalar hampir ke seluruh tubuh dan tidak bisa disembuhkan dengan cepat jika tidak dihentikan. Psoriasis bisa benar-benar menyiksa karena rasa gala, kemerahan, kasar dan kering di kulit.

Nah, untuk bisa meredakan penderitaan psoriasis, Anda bisa memanfaatkan benih atau biji-biji petai cina atau lamtoro ke bagian kulit psoriasis. Biji petai cina dikenal sangat baik meredakan peradangan dan nyeri. Anda cukup menghaluskan petai dan membubuhkan ke kulit atau bisa juga memakannya langsung.

2. Analgesik

Kulit pohon petai cina juga memiliki kandungan yang baik dalam hal analgesik atau penghilang nyeri. Meski mungkin di Indonesia masih jarang dimanfaatkan, namun di berbagai negara, kulit pohon petai cina dikerat dan dihancurkan untuk diminum agar bisa menghilangkan nyeri otot atau untuk kram saat menstruasi.

3. Pembunuh cacing

Jika Anda atau anak Anda mengalami cacingan, maka makan petai cina juga bisa sangat membantu penyembuhan penyakit. Ini karena biji petai cina memiliki senyawa yang bisa membunuh cacing. Pengobatan Cina sudah banyak yang memanfaatkannya dan bahkan cacing gelang dan cacing cincin dapat dengan mudah keluar dari tubuh jika Anda makan biji petai cina mentah.

4. Menjaga kesehatan kulit

Bahkan daun petai cina juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Daun pohon petai cina memiliki enzim alami memicu pembentukan kolagen dalam sel-sel kulit sehingga terhindar dari kulit kusam, kering, dan keriput. Ekstrak daun petai cina juga dapat dijadikan toner kulit untuk mengurangi kulit berminyak, melembabkan dan memberi nutrisi kesegaran pada kulit.

5. Anti-kanker

Ekstrak biji petai cina juga sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko serangan penyakit kanker. Anda bisa menyeduh atau makan langsung petai cina, Anda bisa menjadikan lalapan atau bisa juga dimasak bersama sayur lain.

Sumber : www.stylecraze.com via Vemale.com

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : 5 Manfaat Petai Cina untuk kesehatan

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed