Rebung merupakan makanan eksotis khas wilayah Asia. Dari tekstur dan aromanya yang unik, nyatanya tidak semua orang menyukai makanan ini. Padahal rebung bisa membawa manfaat besar untuk kesehatan tubuh Anda.


Dilansir dari healthmeup.com, inilah manfaat utama makan rebung bagi kesehatan.

1. Menurunkan berat badan
Rebung memiliki kandungan kalori yang rendah namun sayangnya tidak banyak orang yang mengetahuinya. Selain itu rebung juga kaya akan serat sehingga dapat membuat Anda cepat kenyang ketika mengonsumsinya.

2. Menurunkan kolesterol
Jumlah total kandungan gula dalam rebung adalah 2,5 gram setiap 100 gram porsinya. Sementara kandungan lemak jenuh dan tak jenuhnya adalah 0,49 gram. Kedua hal ini menjadikan rebung sebagai makanan yang mampu mengurangi kadar kolesterol darah, lipid, dan menyehatkan jantung.

3. Mengobati masalah pernapasan
Rebung mengandung sumber protein yang baik dan asam amino. Sehingga rebung bermanfaat untuk menyembuhkan masalah pernapasan seperti hidung tersumbat, batuk, dan pilek.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Rebung kaya akan vitamin seperti vitamin B6, vitamin E, vitamin A, niasin, riboflavin, thiamine, dan asam folat. Rebung juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, seng, natrium, fosfor, kalium, tembaga, mangan, dan zat besi. Semua nutrisi ini tentunya penting untuk peningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menyehatkan pencernaan
Makan rebung mampu menyembuhkan beberapa masalah pencernaan seperti gastroenteritis dan diare. Selain itu, rebung juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati cacingan.

6. Menurunkan tekanan darah
Karena rebung tinggi akan kandungan kalium di dalamnya maka mampu menurunkan tekanan darah dan menjaga agar tekanan darah tetap normal. Makan rebung juga dikenal dapat mengurangi depresi, kecemasan, dan penyakit mental.

7. Melawan kanker
Adanya kandungan fitosterol di dalam rebung seperti klorofil, amilase, dan flavone membuat rebung menjadi makanan yang sempurna untuk melawan kanker.

8. Menyembuhkan bisul dan luka
Menurut penelitian kesehatan terbaru, rebung memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik di dalamnya yang membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan bisu.

9. Melancarkan siklus menstruasi
Siklus menstruasi Anda sering tidak lancar? Cobalah untuk akan rebung. Sebab rebung memiliki bahan alami yang mampu memperlancar siklus menstruasi dan mengurangi nyeri.

10. Menginduksi persalinan
Rebung termasuk dalam tanaman uterotonika yang dapat meningkatkan kontrasi rahim untuk memperlancar proses kelahiran.

Itulah manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari makan rebung. Tertarik untuk mencobanya?

Sumber : Merdeka

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : 10 Manfaat Rebung untuk kesehatan

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

1 komentar:

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed