Siapa yang tak senang bisa ber-internet di area hotspot WiFi gratis, Anda dapat menjelajahi internet bahkan download tanpa harus memikirkan kuota atau paket internet yang akan habis. Masalah mungkin hanya pada bandwith yang kurang mantap atau masalah waktu, bila anda sedang terburu-buru.

Namun Anda harus berhati-hati dan waspada bila tengah menggunakan hotspot WiFi gratis, pasalnya memalui jaringan ini data-data penting Anda bisa diretas oleh pelaku kejahatan komputer/hacker. Bahkan lembaga penegak hukum Uni Eropa, Europol memperingatkan untuk tidak mengirim atau menerima data penting menggunakan jaringan WiFi itu.

Pemimpin divisi kejahatan dunia maya dari Europol, Troels Oerting mengatakan bahwa serangan melalui jaringan WiFi publik semakin meningkat dan sulit untuk dideteksi.

"Browsing di kafe atau restoran merupakan ancaman terbesar. Hacker bisa dengan mudah masuk ke akun Anda atau membobol informasi sensitif lainnya. Mereka memiliki kunci yang dapat membuka kehidupan digital Anda," kata peneliti keamanan senior di Kaspersky Lab, David Emm.

David menyebut, jangkauan WiFi router sekitar 100 meter. Bisa jadi hacker yang tengah menjaili Anda tengah duduk di samping Anda atau di sekitar tempat parkir kendaraan.

Untuk itu David memberikan beberapa tips aman saat menggunakan WiFi publik agar terhindar dari serangan hacker.

Berikut adalah beberapa tipsnya :

  1. Gunakan  jaringan WiFi yang aman dan terpercaya saat mengetik username dan password atau transmisi data rahasia.
  2. Sebelum  log-in ke situs web, pastikan bahwa itu aman - cari 'https' dengan simbol gembok terkunci dan periksa sertifikat keamanannya.
  3. Lindungi  komputer atau gadget dengan produk keamanan internet terkemuka.
  4. Sebisa mungkin hindari transaksi onlie menggunakan fasilitas hotspot WiFi gratisan. Kalau terpaksa, lebih baik matikan WiFi dan gunakan internet pribadi. Lebih baik kehilangan kuota daripada data dan uang di rekening, kan?
  5. Pastikan selalu menggunakan Public Area ketika perangkat mendeteksi WiFi gratisan. Laptop dan gadget produksi mutakhir biasanya dilengkapi feature ini.
Sumber : Liputan6.com

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : Waspada WiFi Gratis dan Cara Pengamanannya

Ricky-Site

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed