Panser Anoa 6 x 6 RCWS
Armoured Personal Carrier (APC) Anoa 6x6 produksi PT Pindad Bandung menjadi salah satu kebanggaan industri pertahanan dalam negeri. Kendaraan tempur ini sudah teruji dalam penugasan Pasukan Garuda di luar negeri. Beberapa negara pun sudah memesan Anoa ke PT Pindad.

Berikut beberapa keunggulan APC Anoa :

1. Persenjataan

Anoa bisa dipasangi senapan mesin SM2 7,62 mm atau senapan mesin SM5 12,7 mm. Selain itu ada peluncur granat otomatis. Cukup efektif untuk mendobrak dan menghancurkan pertahanan musuh.

Ranpur Anoa pun memiliki proteksi lumayan. Dia masih bisa menahan berondongan senapan 7,62 mm.


2. Lincah

APC Anoa memiliki panjang 6 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 2,75 meter. Berat kendaraan pengangkut pasukan ini 11 ton, 14 ton (combat).

Namun dengan penggerak roda 6x6, Anoa dapat bergerak lincah baik di jalan aspal maupun di medan off road. Dia mampu melahap tanjakan dengan kemiringan 60 derajat.

Anoa pun bisa digeber dengan kecepatan 80 km di jalan mulus. Daya jelajah mencapai 600 km.

3. Daya Angkut Pasukan Banyak

APC Anoa masuk kendaraan tempur yang mampu mengangkut banyak personel. 1 Panser Anoa mampu membawa 1 regu pasukan atau 13 personel, termasuk pengemudi dan penembak.

Kabin dalam Anoa cukup lega untuk satu regu pasukan bersenjata lengkap. Tempat duduk pasukan saling berhadapan. Jika tak diduduki, kursi akan otomatis terlipat sendiri.

Kabin Anoa juga dilengkapi pegangan tangan untuk pasukan. Semakin nyaman karena dilengkapi AC di beberapa titik. Dalam kondisi ranpur tertutup rapat pun terasa sejuk di dalam.

Pintu keluar pasukan terdapat di belakang Anoa. Dibuka tutup secara otomatis. Begitu pintu dibuka, pasukan dapat bergerak cepat melakukan serangan.

4. Suspensi Empuk

Salah satu keunggulan Anoa adalah suspensinya yang empuk. Dia bisa lincah melahap medan off road, sementara pasukan di dalamnya tetap nyaman dan tak terlalu merasakan guncangan. Walau berpenampilan sangar, Anoa rupanya memanjakan penumpang.

Bahkan menurut keterangan beberapa orang, lebih nyaman naik Anoa di medan jalan rusak daripada naik mobil non-SUV.

5. Banyak Varian

Salah satu keunggulan Panser Anoa juga memiliki banyak varian. Tak cuma sebagai kendaraan pengangkut pasukan.

Ada varian Anoa untuk panser pengintai, penembak, kendaraan komando, hingga kebutuhan medis penunjang rumah sakit lapangan. Anoa juga bisa dimodifikasi untuk kebutuhan pengangkut amunisi ke garis depan.

Ada juga Panser untuk menderek panser lain yang mengalami kerusakan di lapangan, dan salah satu varian terbaru adalah Panser Anoa RCWS.


Panser Anoa 6 x 6
Panser Logistic
Panser Ambulance
Panser Recovery


Sumber : Merdeka.com - Berbagai Sumber

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : 5 Keunggulan Panser Anoa di Medan Tempur

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

1 komentar:

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed