Siapa yang tak kenal buah jeruk? Buah jeruk dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C melimpah. Mengonsumsi buah jeruk akan menjaga kesehatan dan stamina Anda. Buah jeruk juga diketahui bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal penyakit seperti flu dan pilek.

Namun tak hanya itu, buah jeruk masih menyimpan manfaat lain yang lebih banyak dan bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Berikut adalah manfaat buah jeruk, seperti dilansir oleh Mag for Women dan Care2.

Suka makan buah jeruk? Jika iya, kabar baik buat Anda! Sebab setidaknya Anda bisa mendapatkan 13 manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah yang satu ini. Apa saja? Simak selengkapnya sebagaimana dilansir dari Care2 berikut ini.

1. Menyehatkan pencernaan
Buah jeruk mengandung banyak serat yang membantu melancarkan pencernaan. Faktanya, jeruk juga bisa mencegah sariawan dan luka pada lambung, serta menangkal refluks asam. Jika Anda mengalami konstipasi kronis, tak ada salahnya menambahkan jeruk pada diet harian Anda.

2. Kesehatan jantung
Tak banyak yang mengetahui bahwa jeruk tak hanya kaya vitamin C, melainkan juga potasium. Zat potasium dalam jeruk akan membantu Anda menjaga kesehatan jantung dan mengontrol detak jantung agar tetap stabil. Selain itu, serat dalam jeruk juga membantu menurunkan kolesterol buruk yang bisa membahayakan jantung.

3. Mencegah kanker
Jeruk juga kaya akan limonoid, yaitu zat yang membantu tubuh untuk mencegah berbagai macan jenis kanker. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi satu buah jeruk sehari bisa mencegah kanker payudara dan kanker perut. Ingin melindungi tubuh Anda dari kanker? Konsumsi buah jeruk!

4. Meningkatkan kesehatan mata
Tak hanya wortel lho yang kaya vitamin A dan karotenoid, buah jeruk juga mengandung banyak vitamin A dan karotenoid yang menyehatkan mata. Selain menjaga kemampuan penglihatan, vitamin A di dalamnya juga mencegah terjadinya penyakit pada mata. Buah jeruk sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang mengalami degenerasi makula.

5. Mencegah radikal bebas
Ingin menangkal radikal bebas dan memiliki kulit yang sehat? Buah jeruk bisa membantu Anda. Buah jeruk diketahui mengandung vitamin C dan beta karoten yang mampu mencegah penuaan dini pada kulit. Jeruk juga mengandung banyak antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas. Konsumsi segelas jeruk setiap hari untuk membuat kulit tetap sehat dan cantik.

6. Mengontrol tekanan darah
Jeruk mengandung banyak magnesium yang akan membantu menjaga tingkat tekanan darah pada tubuh. Selain itu, jeruk juga mengandung flavonoid yang membantu menjaga tekanan darah pada tubuh. Konsumsi jeruk setiap hari untuk menjaga tekanan darah Anda agar tetap stabil.

7. Menurunkan berat badan
Dalam buah jeruk terdapat zat yang disebut pectin. Zat ini diketahui bisa menekan rasa lapar dan nafsu makan. Jika ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, tinggalkan cara diet yang ekstrem dan mulai mengonsumsi jus jeruk asli. Minum jus jeruk akan membantu menekan rasa lapar Anda selama beberapa jam. Dengan begitu Anda bisa menurunkan berat badan.

8. Mencegah kelainan lahir
Jeruk mengandung banyak vitamin B yang baik untuk wanita hamil. Vitamin B akan membantu menjaga kesehatan ibu dan janin yang belum lahir. Tak hanya itu, vitamin B dalam jeruk juga diketahui bisa menurunkan risiko terjadinya kelainan pada janin dalam kandungan.

9. Mencegah batu ginjal
Demi menurunkan risiko penyakit batu ginjal, cobalah minum jus jeruk setiap hari secara rutin. Namun jangan berlebihan, karena gula yang pecah ketika jeruk diolah menjadi jus mampu membuat gigi cepat berlubang.

10. Menurunkan risiko kanker hati
Menurut penelitian dari Jepang, makan jeruk - khususnya jeruk mandarin - mampu menurunkan risiko kanker hati. Hal ini diduga karena kandungan vitamin A dalam buah jeruk yang dikenal dengan nama carotenoid.

11. Melawan infeksi virus
Penelitian membuktikan kalau kadar polyphenol dalam buah jeruk mampu melawan infeksi virus yang menyerang tubuh.

12. Menetralkan keasaman tubuh
Meskipun jeruk bersifat asam sebelum dikonsumsi, ternyata buah yang satu ini punya khasiat menyeimbangkan kadar keasaman dalam tubuh.

13. Karbohidrat sehat
Sama seperti buah lain yang mengandung gula, keistimewaan buah jeruk adalah kadar glikemik indeks di dalamnya yang hanya berjumlah 40. Jumlah tersebut tergolong rendah, sehingga jeruk termasuk sumber karbohidrat sehat yang tak akan meningkatkan berat badan atau kadar gula darah.

14. Mengatasi sembelit
Serat dalam buah jeruk bukan cuma ampuh menurunkan kolesterol, tetapi juga mengatasi sembelit dan masalah susah buang air besar.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang tersimpan dalam buah jeruk. Jangan hanya mengonsumsi buah jeruk saat terkena sariawan. Mengonsumsi buah jeruk setiap hari juga bisa membuat tubuh lebih bugar dan menangkal berbagai penyakit. Jangan malas mengonsumsinya ya!

Sumber : Merdeka

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : 14 Manfaat Buah Jeruk bagi Kesehatan

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed