Jalan kaki adalah olah raga yang murah, aman dan sangat menyenangkan bila dilakukan bersama-sama teman, pasangan atau keluarga. Dan jangan pernah menganggap remeh jalan kaki, karena tidak sedikit manfaat yang bisa kita dapatkan dari "sekadar" berjalan-jalan.

Berjalan adalah aktivitas yang banyak diminati oleh banyak orang, karena selain "murah dan praktis", jalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Olahraga jalan kaki lebih baik dilakukan di pagi hari, di saat udara masih segar dan bersih dari polusi. Namun banyak di antara kita yang enggan untuk melakukannya dengan alasan mengantuk dan dingin, dan lebih memilih tidur.

Berjalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan anda, karena dengan berjalan kaki anda akan menjadi lebih bugar dan sehat. Berjalan kaki bagi sebagian orang mungkin melelahkan, tetapi bagi kebanyakan orang justru sangat digemari, karena berjalan kaki secara rutin dan kontinyu mampu mencegah berbagai macam penyakit berbahaya dalam tubuh kita. Jalan kaki bisa anda lakukan sendiri, tetapi lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman atau keluarga. Nah, pada kesempatan ini Constiti akan memberikan informasi lengkap kepada anda tentang manfaat jalan kaki bagi kesehatan.

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga paling sederhana, namun karena kemajuan alat transportasi, sedikit atau banyak akan mempengaruhi porsi manusia moderen untuk jalan kaki. Dengan alasan untuk mempermudah pekerjaan tidak masalah menggunakan alat trasnsportasi, tapi cobalah luangkan waktu anda untuk berjalan kaki.

Manfaat yang didapatkan dari jalan kaki tidaklah sedikit. Berikut beberapa manfaat berjalan kaki.

1. Memperkuat Jantung
Berjalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung dan dapat membantu sistem peredaran darah. Berjalan kaki terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik.
Menurut Asosiasi di bidang penyakit stroke, berjalan cepat selama 30 menit perhari akan mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit stroke.

2. Menurunkan Risiko Penyakit
Kebiasaan berjalan kaki akan mengurangi risiko diabetes tipe 2, asma dan beberapa jenis kanker. Menurut Charity Walking For Health "olahraga teratur seperti berjalan kaki dapat mengurangi risiko tersebut sekitar 60%. Bagi wanita berjalan kaki secara aktif akan mengurangi risiko kanker payudara, kanker usus dan kanker rahim sekitar 20%.

3. Diet Sederhana
Untuk melakukan diet setidaknya anda harus membakar 600 kalori atau lebih dalam sehari. Semakin banyak berjalan maka metabolisme dalam tubuh akan semakin cepat, ini menyebabkan anda dapat membakar kalori lebih banyak bahkan ketika anda beristirahat.

4. Mencegah Demensia
Demensia (penurunan fungsional otak) salah satu gejalanya seperti kepikunan. Biasanya terjadi pada orang tua, namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi oleh anak-anak atau remaja. Dengan berjalan kaki maka akan mengurangi risiko demensia 40%. Menurut Age UK berjalan kaki dapat menghindari penyutusan otak sehingga dapat menyimpan memori selama bertahun-tahun.

5. Mencegah Osteoporosis
Berjalan dapat dianalogikan sebagai kegiatan menahan beban, ini dapat merangsang dan memperkuat tulang yang meningkatkan kepadatan tulang. Sangat baik bagi wanita untuk berjalan kaki karena wanita yang paling rentan terkena osteoporosis.

6. Meningkatkan kadar vitamin D
Jika anda berjalan di siang hari maka anda akan mendapatkan banyak vitamin D. Vitamin D sangat baik bagi kokohnya tulang anda. Sayangnya vitamin D sangat jarang didapatkan dari makakan. Kita dapat mensistesiskan vitamin D dari paparan sinar matahari.

7. Meningkatkan Energi Tubuh
Sering merasa kurang berenergi pada sore hari di sekolah atau di tempat kerja? jika sering maka cobalah untuk jalan kaki ke kantin pada siang harinya. menurut penelitian, jalan kaki secara cepat dapat mensuplai oksigen ke otak dan seluruh sel tubuh anda sehingga menyebabkan anda lebih berenergi.

8. Membuat Bahagia
Sering berjalan kaki secara cepat dapat menyuplai endorfin dalam aliran darah sehingga menghilangkan perasaan stres dan kecemasan. Dengan hilangnya perasaan stres dan cemas maka akan menjadikan kita lebih bahagia.

Berjalan kaki merupakan olahraga tanpa biaya yang memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Rajinlah berjan kaki dan jangan lupa mengajak teman-teman anda agar olahraga yang anda lakukkan terasa mengasikkan.

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca informasi : Manfaat Jalan Kaki

Ricky-Site

Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Baik dan Bijaksana

Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed