Kecerdasan atau yang biasa dikenal dengan IQ (bahasa Inggris: intelligence quotient) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis. Setiap orang memilki kecerdasan yang berbeda.

Predikat cerdas, biasanya diberikan kepada seseoramg yang memiliki IQ yang tinggi. Padahal, kecerdasan tidak selalu berarti demikian karena ada 8 macam kecerdasan yang bisa dimiliki seseoranmg dan tidak bisa diukur dengan IQ. Apa saja jenis kecerdasan yang terdapat pada manusia ?

Berikut adalah  8 kecerdasan manusia selain IQ

1. Kecerdasan Linguistik
Kecerdasan linguistik atau kecerdasan berbahasa. Seseorang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk mengelola kata-kata, baik dalam bentuk lisan atau tulisan serta mampu mengartikan tulisan dengan jelas. Hal yang sering menjadi kegemarannya adalah membaca, mengisi TTS, bermain scrabel.

  • Beberapa pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan linguistik adalah penyiar, jurnalis atau pengacara.
2. Kecerdasan Matematis dan Logika
Yaitu kecerdasan untuk mengolah angka dan logika. Orang yang memiliki kecerdasan matematis mampu membuat hipotesa dengan baik, membuat klasifikasi, dan menganalisa sebab akibat. Kemampuan ini membuat seseorang mampu berpikir secara logika dan rasional.

  • Beberapa pekerjaan yang cocok adalah sebagai akuntan, programmer atau ilmuwan.
3. Kecerdasan Interpersonal
Seseorang yang memiliki kecerdasan interpersonal akan mudah untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, temperamen, motivasi dan watak orang lain. Hasilnya, mereka dapat menghadapi orang lain dengan perhatian yang baik dan mendorong orang lain untuk menceritakan masalahnya.

  • Beberapa pekerjaan yang cocok antara lain psikolog, negosiator dan guru.
4. Kecerdasan Intrapersonal
Adalah kecerdasan untuk mengenal dan memahami diri sendiri. Biasanya orang dengan kecerdasan intrapersonal suka bekerja sendiri, cuek, dapat mengintropeksi diri sendiri, dan mampu mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri.

  • Pekerjaan yang cocok adalah sebagai penasihat, konselor atau teolog.
5. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan musikal membuat seseorang mudah untuk menikmati, mengembangkan dan mengekspresikan musik dan suara. Biasanya seseorang yang memiliki kecerdasan musikal suka bersiul, mampu menghafal nada dengan cepat dan suka bekerja sambil bernyanyi.

  • Beberapa pekerjaan yang cocok adalah sebagai penyanyi, pemain alat musik atau pencipta lagu.
6. Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan naturalis adalah kecerdasan untuk menikmati dan memahami alam, memanfaatkan alam secara produktif serta dapat menggunakan pengetahuan yang dimilikinya untuk mengelola alam dengan baik. Ciri seseorang dengan keceradasan naturalis adalah mampu memahami tingkah binatang, menicintai lingkungan dan suka melakukan aktivitas outdoor di alam.

  • Beberapa pekerjaan yang sesuai untuk seseorang dengan kecerdasan ini adalah sebagai petani, nelayan, pemburu atau pendaki gunung.
7. Kecerdasan Kinetik
Orang yang memiliki kecerdasan kinetik mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan dengan baik melalui gerak. Ciri seseorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang menggunakan fisik.

  • Pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan kinetik misalnya atlet, penngrajin, dan penjahit.
8. Kecerdasan Visual
Kecerdasan visual di mana seseorang memiliki kepekaan terhadap visual, bentuk, warna, garis, dan ruang. Kecerdaan ini membuat seseorang mampu membuat idenya menjadi bentuk sketsa yang jelas.

  • Pekerjaan yang cocok untuk seseorang dengan kecerdasan ini adalah insinyur, arsitek, fotografer atau pilot.

Ternyata, ada beberapa kecerdasan yang dimiliki manusia. Jadi, seseorang yang tidak memiliki IQ tinggi bukan berarti orang itu tidak cerdas kan ?

    Sumber : Kumpulan.Info

    Sukses, banyak orang yang ingin sukses menjadi apa yang diinginkan, tapi mungkin belum banyak dari mereka yang tahu bagaimana menjadi seorang yang sukses....

    Sukses bermula dari mental. Anda bisa saja miskin namun jika Anda yakin bahwa Anda bisa sukses, maka itulah yang akan Anda raih. Demikian juga sebaliknya, jika seseorang terlahir kaya, namun tidak memiliki mental sukses, maka kelak ia pun bisa jatuh melarat.

    Tak peduli apa pun yang menjadi profesi kerja Anda sekarang, apakah karyawan rendahan atau bos sekalipun, Anda bisa meraih sukses dengan mengembangkan 50 kebiasaan sukses ini. Namun, ingat juga bahwa ukuran kesuksesan bukanlah uang, melainkan mental puas itu sendiri.

    1. Carilah dan temukan kesempatan di mana orang lain saat orang lain gagal menemukannya.
    2. Orang sukses melihat masalah sebagai bahan pembelajaran, bukannya kesulitan belaka.
    3. Fokus pada solusi, bukan berkubang pada masalah yang ada.
    4. Menciptakan jalan suksesnya sendiri dengan pemikiran dan inovasi yang ada.
    5. Orang sukses bisa merasa takut, namun mereka kemudian mengendalikan dan mengatasinya.
    6. Mereka mengajukan pertanyaan yang tepat, sehingga menegaskan kualitas pikiran dan emosional yang positif.
    7. Mereka jarang mengeluh.
    8. Mereka tidak menyalahkan orang lain, namun mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka.
    9. Mereka selalu menemukan cara untuk mengembangkan potensi mereka dan menggunakannya dengan efektif.
    10. Mereka sibuk, produktif, dan proaktif, bukan luntang-lantung.
    11. Mereka mau menyesuaikan diri dengan sifat dan pemikiran orang lain.
    12. Mereka memiliki ambisi atau semangat.
    13. Tahu benar apa yang diinginkan.
    14. Mereka inovatif dan bukan plagiat.
    15. Mereka tidak menunda-nunda apa yang ada.
    16. Mereka memiliki prinsip bahwa hidup adalah proses belajar yang tiada henti.
    17. Mereka tidak menganggap diri sempurna sehingga sudi belajar dari orang lain.
    18. Mereka melakukan apa yang seharusnya, bukan apa yang mereka mau lakukan.
    19. Mereka mau mengambil resiko, tapi bukan nekat.
    20. Mereka menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan segera.
    21. Mereka tidak menunggu datangnya keberuntungan, atau kesempatan. Merekalah yang menciptakannya.
    22. .Mereka bertindak bahkan sebelum disuruh/ diminta.
    23. Mereka mampu mengendalikan emosi dan bersikap profesional.
    24. Mereka adalah komunikator yang handal.
    25. Mereka mempunyai rencana dan berusaha membuatnya menjadi kenyataan.
    26. Mereka menjadi luar biasa karena mereka memilih untuk itu.
    27. Mereka berhasil melalui masa-masa berat yang biasanya membuat orang lain menyerah.
    28. Mereka tahu apa yang penting bagi mereka dan melakukan yang terbaik yang mereka bisa.
    29. Mereka memiliki keseimbangan. Mereka tahu bahwa uang hanya alat, bukan segalanya.
    30. Mereka paham betul pentingnya disiplin dan pengendalian diri.
    31. Mereka merasa aman karena mereka tahu mereka berharga.
    32. Mereka juga murah hati dan baik hati.
    33. Mereka mau mengakui kesalahan dan tidak segan untuk minta maaf.
    34. Mereka mau beradaptasi dengan perubahan.
    35. Mereka menjaga kesehatan dan performa tubuh.
    36. Mereka rajin.
    37. Ulet
    38. Mereka terbuka dan mau menerima masukan dari orang lain.
    39. Mereka tetap bahagia saat menghadapi pasang surut kehidupan.
    40. Mereka tidak bergaul dengan orang-orang yang salah/ merusak.
    41. Mereka tidak membuang waktu dan energi emosional untuk sesuatu yang di luar kendali mereka.
    42. Mereka nyaman bekerja di tempat yang ada.
    43. Mereka memasang standar yang tinggi bagi diri sendiri.
    44. Mereka tidak mempertanyakan mengapa mereka gagal namun memetik pelajaran dari itu semua.
    45. Mereka tahu bagaimana harus rileks, menikmati apa yang ada, dan mampu bersenang-senang dalam kecerobohan sekalipun.
    46. Karir mereka bukanlah siapa mereka, itu hanyalah pekerjaan.
    47. Mereka lebih tertarik pada apa yang efektif ketimbang pada apa yang mudah.
    48. Mereka menyelesaikan apa yang telah mereka mulai.
    49. Mereka menyadari bahwa mereka bukan hanya makhluk hidup belaka, namun juga makhluk rohani.
    50. Mereka melakukan pada yang mereka katakan.
    Jadi, apakah ada beberapa kebiasaan yang sudah menjadi bagian dari hidup Anda saat ini ?, Jika ada, kembangkan itu, dan tambahkan peluang sukses Anda dengan melakukan yang lain.

    Ingat, sukses bukanlah milik orang yang tidak pernah gagal, melainkan milik orang yang tidak pernah menyerah.
    Daftar isi otomatis yang berarti setiap artikel yang baru saja dipublish akan secara otomatis masuk pada daftar atau list artikel yang akan dikelompokkan dengan artikel sebelumnya yang menggunakan tag atau label yang sama. Hingga pengunjung akan dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari.

    Bagi sebagian blogger, menambahkan daftar isi pada blog dirasa penting, utamanya untuk memudahkan pembaca yang ingin menelusuri artikel-artikel atau postingan yang dimuat pada blog tersebut, namun mungkin masih ada yang belum tahu cara menambahkan daftar isi secara otomatis pada blog, meski sudah banyak tutorial di berbagai halaman web/blog, tapi terkadang masih ada yang kebingungan dan kurang mengerti, maka pada postingan kali ini saya akan memberi tutorialnya sejelas mungkin agar para blogger pemula pun bisa membuatnya.

    Oke langsung saja, pertama masuk terlebih dahulu ke halaman blog/dashbor blog, setelah masuk anda pilih LAMAN atau PAGE jika anda menggunakan bahasa Inggris, dan selanjutnya pilih Laman baru :


    Setelah itu akan muncul tampilan seperti ketika akan menullis postingan, lalu pilih HTML bukan Compose :


    Lalu tuliskan script berikut :

    <script src="https://ricky-blog.googlecode.com/svn/ricky.js"></script><script src="http://rickysetiawan96.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

    *Ganti teks warna merah dengan alamat blog anda, kemudian PUBLIKASIKAN.

    Sekarang blog anda sudah memiliki Daftar Isi dan postingan yang akan anda buat/sudah dibuat akan secara otomatis dikelompokkan berdasarkan label/kategorinya.

    Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial Adobe Flash, cara membuat animasi Ikan bergerak mengikuti kursor di Adobe Flash. Langsung saja...........


    1. Pertama buka aplikasi Adobe Flash (disini saya menggunakan Adobe Flash CS4) :


    2. Pilih ActionScript 2.0 :


    3. Lalu akan muncul tampilan seperti ini :


    4. Selanjutnya buat gambar ikan pada layer pertama seperti berikut atau bisa disesuaikan dengan yang anda inginkan :


    5. Lalu blok gambar ikan tersebut dan tekan tombol F8 pada keyboard, kemudian ganti namanya apa saja, misalkan "Ikan" dan pilih Movie Clip, dan  juga pilih registrasinya ditengah, (lihat yang ditandai dengan warna merah) lalu klik OK ! :


    6. Setelah itu gambar sudah menjadi Movie Clip, seperti berikut :


    7. Pilih atau klik gambar ikan tersebut, lalu tekan tombol F9 pada keyboard, kemudian masukkan script berikut :

    onClipEvent (load) {
                Mouse.hide();
                skalaX = _xscale;
                perlambatan = 15;
    }
    onClipEvent (enterFrame) {
                if (_xmouse--) {
                            this.gotoAndPlay(1);
                } else if (_xmouse++) {
                            this.gotoAndPlay(2);
                }
                if (_root._xmouse>_x) {
                            _xscale = -skalaX;
                } else {
                            _xscale = skalaX;
                }
                _x = _x+(_root._xmouse-_x)/perlambatan;
                _y = _y+(_root._ymouse-_y)/perlambatan;
    }


    8. Sekarang warnai background dengan warna biru (warna air laut) atau dengan gambar lain sesuai selera anda, namun jika background ingin berupa gambar, maka letakkan pada layer kedua, dengan membuat layer baru :


    9. Animasi pun telah selesai dibuat, untuk melihat hasilnya silahkan tekan Ctrl+Enter dan gerakkan kursornya, ikan pun akan mengikuti arah gerak kursor tersebut. Jika anda sudah lebih paham dengan Adobe Flash dan sudah lebih mengerti akan action script, anda bisa memodifikasi atau mengkreasikannya dengan kreasi dan selera anda sendiri.

    Hasilnya :
    Bila dicermati tak banyak alutsista dari jenis kapal perang TNI AL yang kini masih digunakan dan ‘benar-benar’ masih diandalkan oleh NATO. Memang TNI AL kini diperkuat korvet canggih dari kelas SIGMA yang mengusung standar teknologi tinggi khas NATO, tapi jenis kapalnya sendiri tidak masuk dalam list arsenal andalan kekuatan laut negara-negara NATO, melainkan berupa korvet yang dipesan berdasarkan kustomisasi dari kebutuhan negara pembeli.

    Tapi sebenarnya masih ada jenis kapal perang TNI AL yang hingga kini masih jadi andalan armada laut NATO. Ini tak lain adalah kapal pemburu ranjau kelas Tripartite (Tripartite Class) yang jadi andalan Satran Koarmatim (Satuan Kapal Penyapu Ranjau Komando Armada Timur) TNI AL. Sosok kapal penguber ranjau (mine hunter) ini sejatinya bukan ‘barang’ baru lagi di arsenal TNI AL, Tripartite class dibangun oleh galangan GNM (Van der Gessen de Noord Marinebouw BV ) di Albasserdam, Belanda. Berbeda dengan frigat kelas Tribal dan frigat kelas Van Speijk yang merupakan kapal beli bakas pakai. Tripartite class TNI AL adalah barang baru, alias bukan alutsista second.

    Indonesia memiliki 2 kapal pemburu ranjau kelas Tripartite, Kedua kapal tersebut adalah KRI Pulau Rengat (711) dan KRI Pulau Rupat (712). KRI Pulau Rengat (711) mulai dibuat pada 19 Desember 1985 lalu diluncurkan pada 27 Agustus 1987 dan resmi memperkuat TNI AL pada 26 Maret 1988. Dirunut dari sejarahnya, kapal kelas Tripartite dirancang pada tahun 70-an dan mulai dibangun pada tahun 1981 hingga 1989 untuk mengisi kebutuhan armada NATO akan kapal pemburu ranjau yang lincah namun berbekal alat sensor canggih.

    Meski di awal disebutkan kapal buru ranjau ini adalah barang baru. Menurut informasi dari Wikipedia, awalnya kedua kapal ini dibangun untuk kebutuhan AL Belanda. KRI Pulau Rengat 711 dibuat untuk membangun M864 Willemstad dan KRI Pulau Rupat 712 untuk M863 Vlaardingen.

    Sesuai namanya ‘Tripartite,’ kapal ini merupakan hasil kerja kongsi antara 3 negara NATO, yakni Perancis, Belanda dan Belgia. Seperti halnya dalam proyek pesawat komersial Airbus, masing-masing negara tadi menyumbang kontribusi dalam penciptaan kapal ini. Perancis dalam hal ini menyiapkan perangkat teknologi mine hunting, sedangkan Belgia menyiapkan perangkat elektronik, dan Belanda berperan dalam konstruksi dan tenaga gerak kapal.

    Mantan anggota Team Base Maintenance pemburu ranjau Tripartite TNI AL, LetKol Purn. (E) Elektro Jaja Surjana menuturkan informasi bahwa lambung kapal ini dibangun dari material khusus yang tidak menimbulkan jejak magnetik, yakni mengadopsi jenis plastik yang diperkuat dengan kaca (glass-reinforced plastic atau GRP). Untuk perangkat buru ranjaunya menggunakan sistem sensor dan processing 1 unit Sonar DUBM, 1 Thales underwater system TSM, side scan sonar,  Sonar TSM 2022, 1  SAAB Bofors Double Eagle Mk III Self Propelled Variable Depth Sonar, dan 1 Consilium Selesmar Type T-250/10CM003 Radar. Sedangkan untuk kelengkapan navigasinya menggunakan radar Decca 1229. Untuk jenis ranjau yang bisa dipindai adalah ranjau kontak, ranjau akustik, dan ranjau magnetik.

    Obyek buruan kapal pemburu ranjau ini adalah Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), khususnya perairan Teluk Lamong merupakan salah satu perairan di wilayah Indonesia yang masih banyak menyimpan ranjau sisa Perang Dunia II yang disebar oleh Jepang untuk menghambat invasi sekutu di Pulau Jawa. Meskipun ranjau-ranjau atau bahan peledak lainnya tersebut telah berumur lebih dari 65 tahun namun masih memiliki kemampuan meledak dan membahayakan keselamatan pelayaran. Apabila terpengaruh oleh aktivitas yang mengandung unsur keakustikan, kemagnetan maupun tekanan dari pengguna laut pada level tertentu, ranjau-ranjau itu dapat meledak.

    Lewat Sonar Pemburuan Ranjau (TSM-2022) dapat di deteksi ranjau dengan adanya 4 kontak di dasar laut perairan Teluk Lamong. Setelah diklasifikasi dengan didasarkan pada 4 S (Size, Strength, Shape, dan Shadow), kontak tersebut dapat diidentifikasi sebagai ranjau laut. Setelah melakukan pemburuan, ranjau dapat dihancurkan lewat bom laut atau ditembak langsung dengan kanon Rheinmetall kaliber 20mm. Setiap kapal Tripartite dibekali 2 unit kanon Rheinmetall, yakni pada sisi haluan dan buritan.

    Dilihat dari lini persenjataan, pemburu ranjau ini memang minim senjata, hanya mengandalkan kanon Rheinmetall untuk tugas penghancuran ranjau dan pertahanan dari serangan udara. Dalam sebuah kunjungan singkat ke Pangkalan TNI AL Dermaga Ujung – Surabaya. Nampak terlihat dua kapal pemburu ranjau ini bersandar di dekat area ‘garasi’ kapal selam Type 209. Selain digunakan oleh Perancis, Belgia, Belanda dan Indonesia. Pemburu ranjau dengan awak 4 perwira, 15 non-commissioned officers serta 17 pelaut ini juga dimiliki oleh Bulgaria, Latvia dan Pakistan. Pemburu ranjau ini juga aktif digunakan oleh armada NATO dalam memburu serta menghancurkan ranjau yang ditabur di selat Hormuz, Timur Tengah.

    KRI Pulau Rengat 711

    KRI Pulau Rengat 711 dibuat di Galangan GNM Belanda tanggal 19 Desember 1985 dan diluncurkan tanggal 27 Agustus 1987. Penyerahan kepada Pemerintah Republik Indonesia tanggal 18 Maret 1987, masuk TNI AL tanggal 26 Maret 1988 dengan Nomor Skep : 137/III/1987 tanggal 18 Maret 1987.

    Pada masa Perang Kemerdekaan (1945-1950) selat Malaka tidak kalah pentingnya dari masa-masa sebelumnya. Pada periode tersebut untuk memperoleh perlengkapan persenjataan, obat-obatan dan barang-barang lain yang sangat dibutuhkan oleh anggota Angkatan Perang RI, kesatuan ALRI menerobos blokade Belanda di selat Malaka. Nama-nama besar seperti John Lie dan Kusno sebagai pemimpin aksi penerobosan blokade Belanda sangat dikenal waktu itu dan banyak jasanya bagi perjuangan bangsa Indonesia. Mengingat pentingnya pulau Rengat, maka Kapal Perang jenis Buru Ranjau (mine hunter/sweeper) yang mampu mencari, memburu dan menghancurkan berbagai jenis ranjau, antara lain ranjau kontak, akustik dan magnetic dinamakan KRI Pulau Rengat.

    SEMBOYAN
    Logo KRI Pulau Rengat 711

    ARTI :
    • BENTUK SEGI LIMA : Melambangkan Dasar Negara Pancasila.
    • SIMBOL DUA HIU : Melambangkan keberanian, ketangguhan dan kebersamaan prajurit KRI Pulau Rengat- 711.
    • SIMBOL KAPAL & RANJAU : Melambangkan bahwa KRI Pulau Rengat - 711 merupakan bagian dari Satuan Kapal Ranjau yang bertugas memburu, mendeteksi, dan menghancurkan ranjau.
    • WARNA DASAR BIRU MUDA & BIRU TUA : Melambangkan KRI Pulau Rengat - 711 mampu beroperasi di laut dangkal dan laut dalam.
    • MOTTO : “ PANUTAN JALADHI YUDHA PRAKASA”
    • PANUTAN : Penuntun.
    • JALADHI : Laut, Samudra.
    • YUDHA : Perang.
    • PRAKASA : Perkasa.
    • ARTI KESELURUHAN : Penuntun yang perkasa, bagi yang lain di dalam Peperangan Laut.

    KRI Pulau Rupat 712

    Kapal KRI Pulau Rupat milik Indonesia merupakan kapal kelas penyapu ranjau. KRI Pulau Rupat memenuhi kebutuhan Indonesia dan berperan mempertahankan Indonesia dari kapal-kapal musuh. KRI Pulau Rupat dibangun oleh van der Giessen-de Noord, Alblasserdam pada tahun 1988. KRI Pulau Rupat Merupakan kapal kedua dari Pulau Rengat Class, sejenis dengan KRI Pulau Rengat dan memilik spesifikasi sama dengan KRI Pulau Rengat. Indonesia hanya mengoprasionalkan 2 buah KRI penyapu Ranjau dari kelas Rengat atau Tripartite Class.


    Spesifikasi Pulau Rengat Class :


    Kapal penyapu ranjau Pulau Rengat Class dilengkapi dengan sistem pendeteksi dan penghancur ranjau seperti berikut :

    • Rantai Sapu Ranjau Mekanikal OD3 Oropesa
    • Sapu Ranjau Magnetik Fiskars F-82
    • Sapu Ranjau Akuatika SA Marine AS 203
    • Sistem Pemburu Ranjau Ibis V
    Meriam
    KRI jenis ini dilengkapi dengan 2 pucuk meriam anti-pesawat (PSU) Rheinmetall 20 mm yang memiliki kecepatan menembak 1000 tembakan menit dengan jarak efektif 2 km dengan kepala peledak 0.24 kg.

    Detektor
    KRI ini juga memiliki sonar pendeteksi pada badan kapal (kemungkinannya jenis PHS-32 ('ML')).

    • Jenis : Buru Ranjau
    • Negara pembuat / Galangan : G N M Belanda
    • Material Bakap : Glass Reinforced Polyester (GRP)
    • Panjang Max (LOA) : 51,55 m
    • Panjang Antara Garis Air (LWL) : 47,10 m
    • Lebar Max : 8,90 m
    • Displacement Design Full Load : 599 Ton
    • Kecepatan Ekonomis : 12 Knots
    • Kecepatan Jelajah : 14 Knots
    • Kecepatan Maximum (Full Load) : 15 Knots
    • Kapasitas Tk. Bahan Bakar : 54.000 Liter
    • Kapasitas Tk. Minyak Lumas : 3.000 Liter
    • Kapasitas Tk. Air Tawar : 16,000 Liter 
    • Pendorong Pokok : Diesel MTU 12 V
    • Jumlah Propeller : 2 Unit
    Foto-foto Tripartite Class TNI AL :











    Sumber : IndoMiliter - Berbagai Sumber
      Design wahana yang bisa membawa manusia menyelam di bawah permukaan air sudah dimulai sejak tahun 1500-an ketika Leonardo Da Vinci menggambar sketsa alat untuk membawa manusia ke bawah air. Leonardo sendiri menyebutnya “kapal untuk menenggelamkan kapal lain”.

      Setelah sketsa Leonardo, perlu waktu hampir 70 tahun hingga ketika sketsa ‘kapal selam’ yang dibuat oleh William Bourne yang berkebangsaan Inggris dipublikasikan pada tahun 1580. Sementara kapal selam pertama yang tampaknya berhasil dibuat baru muncul pada tahun 1623 yang dibangun oleh seorang berkebangsaan Belanda bernama Cornelius Drebbel. Kemudian selanjutnya kapal selam terus mengalami berbagai perkembangan.

      Kapal selam modern secara umum dibedakan menjadi kapal selam bertenaga nuklir dan kapal selam bertenaga diesel. Berikut adalah beberapa faktor yang faktor pembanding antara kapal selam nuklir dan kapal selam diesel electric.

      HARGA

      Harga kapal selam Diesel-electric rata-rata ada di kisaran antara 100-400 juta USD, walau memang ada beberapa yang harganya diatas rata-rata. Sementara kapal selam nuklir diperkirakan ada di kisaran 500 juta hingga nyaris 3 miliar USD. Berikut ini adalah beberapa estimasi harga kapal selam kapal selam :

      Kapal selam Diesel electric :

      ■ T-96 class ( Swedia ) : 100 juta USD
      ■ Type 212 ( Jerman ) : 250 juta USD
      ■ Kilo class ( Russia ) : 250 juta USD
      ■ Chang Bogo class ( Korea ) : 350 juta USD
      ■ Dolphin class ( Jerman ) : 500-870 juta USD
      ■ Scorpene class (Prancis ) : 450 juta USD

      Kapal selam nuklir :

      ■ Los Angeles class : 1 milyar USD
      ■ Seawolf class : 2,8 milyar USD
      ■ Virginia class : 1,8 – 2,5 miliar USD
      ■ Astute class : 1,17 – 1,82 miliar USD


      BIAYA

      Selain Harga yang lebih mahal, lapal selam nuklir juga membutuhkan biaya operasional dan perawatan yang tinggi. Biaya operasional kapal selam nuklir bisa mencapai $21 juta USD per tahun. Selain pengisian bahan bakar nuklir memakan biaya yang tinggi, proses pembuangan limbah bahan bakar nuklir pada akhir masa aktifnya juga sangat mahal. Diperkirakan butuh total biaya hingga $830 juta USD selama masa aktif kapal selam bertenaga nuklir.

      KETAHANAN

      Kapal selam diesel electric umumnya mampu menyelam selama maksimal beberapa minggu saja, hal ini karena kapal tidak bisa memproduksi oxygen yang dibutuhkan oleh mesin Diesel. Di sisi lain, kapal selam bertenaga nuklir bisa menyelam “selamanya”, hanya dibatasi oleh ketahanan crew dan pasokan logistik yang dibawanya.

      KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

      Berbagai penerapan teknologi terbaru terus dikembangkan untuk membuat kapal selam semakin senyap, baik dengan cara mengurangi suara ataupun magnetic signatures. Tapi kendalanya, sifat propulsi nuklir membuat kapal selam bertenaga nuklir jauh lebih berisik daripada kapal selam Diesel dengan ukuran yang sama. Ukuran kapal selam nuklir juga cenderung lebih besar dibandingkan Diesel, hal ini membuatnya lebih rentan terdeteksi melalui sensor akustik, infra merah atau magnetic. Kelemahan lebih lanjut dari kapal selam nuklir adalah bahwa akibat sistem pendinginan air reaktor nuklir dan buangan air panas yang dibuang ke laut. Perbedaan suhu air ini bisa meninggalkan jejak panjang di belakang kapal selam yang bisa terdeteksi oleh sensor IR.

      Kapal selam nuklir umumnya mampu bergerak lebih cepat dibandingkan kapal selam diesel. Output tenaga dari reaktor nuklir mampu mendukung kecepatan jelajah sekitar 20-25 knot. Reaktor nuklir juga mampu menghasilkan daya hingga 20 megawatt, hingga kapal selam bertenaga nuklir mampu mengekstrak oxygen dari air laut, menyerap carbon dioxide dalam cabin hingga mampu menyelam terus menerus dengan menjaga kecepatan jelajah pada 20-25 knot. Hal ini membuat kapal selam nuklir cocok untuk beroperasi di lautan terbuka atau samudera.

      Kapal selam diesel electric bisa dirancang untuk membawa persenjataan dan peralatan sama banyaknya dengan kapal selam nuklir. Namun ketika kapal selam nuklir terbatas ukurannya akibat penempatan reaktor nuklir, kapal selam diesel electric mampu dirancang dengan ukuran lebih kecil dan tetap sama mematikannya. Kelemahannya adalah kecepatan jelajah umumnya kapal selam jenis ini hanya berada di kisaran 10-15 knot dan kemampuan menyelam yang terbatas hingga beberapa minggu saja. Kapal jenis ini rata-rata hanya bisa menghasilkan daya 3 watt dari generator diesel-nya, namun karenanya jauh lebih senyap hingga sulit terdeteksi dan mampu bergerak lebih gesit.

      TAKTIS DAN STRATEGI

      Kapal selam nuklir dimiliki oleh negara-negara dengan keperluan khusus dalam strategi militernya. Hanya ada sedikit negara yang mengoperasikan Kapal selam nuklir jika dibandingkan dengan negara yang mengoperasikan kapal selam diesel electric.

      Bukan kebetulan juga jika kapal selam nuklir banyak yang digunakan sebagai platform pembawa persenjataan nuklir juga. Kapal selam nuklir dengan persenjataan nuclear warheads bisa keluyuran dimanapun di samudera dan menjadi bagian penting dari persenjataan strategis negara-negara kekuatan militer utama dunia. Kelebihannya yang tidak perlu muncul ke permukaan menyebabkan sulit dilacak pergerakannya.

      Kapal selam nuklir menawarkan kemampuan masuk dan datang ke wilayah jauh di seberang samudera tanpa terdeteksi. Jenis kapal selam dengan kemampuan ini dengan dilengkapi persenjataan rudal berhulu ledak nuklir rata-rata dibutuhkan oleh negara pemilik senjata nuklir, seperti misalnya US, Russia, China, Inggris dan India. Kemampuan ini memberikan jaminan bagi negara-negara tersebut memastikan kemampuan membalas serangan nuklir dalam skenario dimana arsenal nuklir land-based mereka dilumpuhkan melalui preemptive strike lawan.

      Seperti yang ramai diberitakan saat ini negara-negara utama kekuatan militer dunia seperti US, China dan Rusia tengah mengembangkan jenis senjata hypersonic antar benua, mampu menjangkau target dimanapun di bumi dalam jangka waktu 1 jam. Senjata ini memungkinkan satu pihak meluncurkan serangan untuk melumpuhkan kemampuan nuklir lawan. Namun untuk melumpuhkan kemampuan serang nuklir pada platform kapal selam, harus dilakukan perburuan serentak terhadap semua kapal selam lawan di berbagai titik di samudera sebelum meluncurkan serangan. Dan hal ini bisa dianggap tidak mungkin dilakukan.

      Kapal selam Diesel electric mampu bergerak lincah dan senyap di perairan dangkal dan daerah berkepulauan. Tidak seperti reaktor nuklir yang tidak bisa dihidup matikan sekehendak hati dan terus mengeluarkan bunyi humming yang bisa mengekspos keberadaannya, kapal selam diesel electric hanya mengeluarkan bunyi yang minimal dan bisa on-off kapan saja. Dalam kondisi tertentu di perairan dangkal bisa saja kapal selam diesel electric ini berbaring diam dengan mesin mati yang akan mempersulit upaya deteksi lawan.

      Di perairan dangkal dan berpulau-pulau atau di lokasi choke points, kapal selam nuklir yang besar dan bising merupakan lawan inferior terhadap kapal selam diesel electric, mereka bisa jadi sitting duck jika memaksakan masuk ke wilayah yang memang bukan habitat idealnya ini.

      Namun tidak hanya di perairan dangkal dan choke points saja kapal selam diesel electric punya keunggulan. Pada berbagai latihan antara Angkatan Laut berbagai negara, kapal selam diesel electric ini mampu menunjukkan kehandalannya melawan berbagai platform tempur laut. beberapa waktu yang lalu sudah ditulis dalam artikel lain mengenai prestasi kapal diesel electric Chang bogo-class yang mampu menenggelamkan kapal lawan tanpa terdeteksi hingga akhir latihan :

      “Pada RIMPAC tahun 2004 CHANG BOGO ikut unjuk kemampuan. Kapal selam pilihan TNI ini berhasil meluncurkan total 40 torpedo simulasi terhadap 15 kapal permukaan, termasuk kapal induk bertenaga nuklir USS JOHN C Stennis dan kapal-kapal pengawalnya. Kapal selam Chang Bogo class ini lagi-lagi kembali mampu bertahan sampai akhir latihan tanpa terdeteksi dan tanpa mengalami kendala masalah mekanis selama beroperasi.” (JKGR).

      Selain itu kapal selam ‘non nuclear’ lainnya juga mampu memperlihatkan kemampuan mereka dalam ‘menenggelamkan’ berbagai kapal permukan bahkan kapal selam nuklir dalam beberapa latihan. Seperti misalnya pada latihan pertempuran samudera NATO pada tahun 1981 kapal selam diesel Canada, Venture, mampu ‘menenggelamkan’ USS Forrestal. Pada latihan Northern Star 1989, kapal selam diesel Belanda Zwaardvis “menenggelamkan kapal induk” USS America. Pada RIMPAC 1996, kapal selam diesel AL Chili, Simpson, “menenggelamkan” kapal induk USS Independence. Pada latihan NATO JTFEX/TMDI99 kapal selam diesel Belanda, Walrus “menenggelamkan” kapal induk USS Theodore Roosevelt, kapal komando latihan USS Mount Whitney, satu cruiser, beberapa destroyer dan frigatte, serta kapal selam nuklir fast attack Los Angeles-class USS Boise. Pada RIMPAC 2000, kapal selam diesel Australia Collins class “menenggelamkan” dua US fast attack submarines, dan nyaris “menenggelamkan” kapal induk USS Abraham Lincoln. Beberapa diantara kapal selam diesel electric tersebut diatas ada yang mampu lolos dan selamat tanpa terdeteksi walau ada juga yang kemudian terdeteksi dan berhasil dihancurkan oleh pihak ‘lawan’.

      Dari hasil berbagai latihan diatas, terbukti kapal selam diesel electric tidak hanya mumpuni beroperasi di dalam zona pertahanan namun juga mampu (bahkan dalam beberapa hal lebih baik) dalam pertempuran di laut lepas dan samudera. Hanya saja, walau bagaimanapun memang kapal selam nuklir punya kemampuan dan karakteristik khusus yang tidak bisa digantikan oleh kapal selam diesel.

      KESIMPULAN

      Kapal selam bertenaga nuklir dan kapal selam bertenaga diesel mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mana yang lebih baik diantara keduanya tergantung pada kebutuhan dan strategi militer masing-masing negara pengguna.

      Bagi Indonesia yang sebagian wilayah perairannya merupakan perairan dangkal dan mempunyai banyak choke points serta kepulauan, jenis kapal selam diesel electric adalah kapal selam yang memang paling sesuai untuk pertahanan wilayah perairan kita. Apalagi jalur ALKI di Indonesia juga digunakan sebagai jalur ekonomi dan jalur logistik/penumpang antar pulau hingga secara konstan adalah daerah yang ‘berisik’ dan lebih sulit melacak keberadaan kapal selam yang senyap. Kapal selam diesel electric juga pilihan yang lebih rasional, tidak hanya dari segi kebutuhan taktis namun juga mengingat politik dan ekonomi Indonesia saat ini.

      Dari berbagai sumber
      Memperoleh tidur yang cukup sangatlah penting karena jika anda selalu mendapatkan jam tidur yang kurang, akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan anda. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada berat badan anda, kemurungan (tidak bersemangat), masalah pada jantung dan bahkan membuat tubuh anda rentan terkena penyakit. Kebanyakan orang mengetahui bahwa tidur sangatlah penting, namun demikian mereka justru semakin hari semakin mendapatkan jam tidurnya berkurang karena alasan kerjaan yang menumpuk, kebiasaan tidur larut, main game, dsb.

      Tidak setiap orang bisa mengalamikualitas tidur yang baik. Berikut 13 tips/saran agar Anda bisa tidur dengan nyenyak, sehingga segar dan bugar ketika bangun.

      1. Temukan kedamaian dan ketenangan pada saat menjelang waktu tidur

      Untuk bisa tidur cepat dan nyenyak sepanjang malam, ternyata tubuh memerlukan persiapan. Bagaimana bisa tidur enak kalau tubuh dan pikiran tidak dipersiapkan untuk itu? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan suasana damai dan tenang. Tinggalkan masalah yang membebani Anda hari itu. Ringankan pikiran dan tubuh dengan aktivitas yang menyenangkan.

      • Jika suasana tidak enak atau tetangga berisik, cobalah anda keluar kamara dan mencari tempat paling nyaman untuk duduk. Tenangkan hati dan pikiran agar tidak terganggu oleh keadaan itu.
      • Anda juga bisa mencoba membaca untuk rileks. Pilihlah bacaan yang ringan agar tidak menyedot perhatian dan malah membuat terjaga.
      • Menonton acara TV? Mengapa tidak! Namun pilihlah program yang santai.
      • Mendengarkan musik juga sangat dianjurkan. Sekali lagi, pilihlah musik ringan yang menenangkan.
      • Cobalah bermeditasi atau berdoa. Ini akan mendamaikan hati dan pikiran kita.
      • Jika suka, Anda juga bisa berendam air hangat atau meminta pijat ringan.
      2. Buatlah ritual menjelang tidur

      Ritual ini diperlukan untuk memberi sinyal kepada tubuh bahwa saat inii adalah waktunya tidur. Tentu ritualnya terserah Anda. Misalnya, pada jam tertentu Anda mengunci semua pintu, mematikan lampu, membersihkan diri di kamar mandi, memakai krim malam, gantu baju, lalu naik ke tempat tidur. Jika ritual ini dilakukan setiap hari, tubuh akan mengerti kapan harus tidur.

      3. Jangan berangkat tidur saat marah

      Kalau berangkat tidur masih marah, percayalah, di tempat tidur Anda akan memikirkan argumentasi dan strategi melakukan serangan balik. Terlalu sering orang menjadikan tempat tidur sebagai arena menyelesaikan masalah. Padahal, tempat tidur mestinya dijadikan tempat untuk merasakan kedamaian dan ketenangan.

      4. Jangan mencemaskan soal tidur

      Mencemaskan soal tidur sama sekali tidak produktif bahkan hanya menghasilkan lebih banyak stres, kegelisahan dan insomnia.

      5. Jangan paksakan diri untuk tidur

      Banyak orang suka memaksakan diri supaya bisa tidur karena keesokan harinya akan melakukan sesuatu yang penting. "Saya harus tidur, saya harus tidur," kalimat yang diucapkan berkali-kali di dalam hati itu bukannya membuat mengantuk dan tertidur. Semakin keras dia berusaha, malah makin sulit. Cobalah untuk melakukan saran nomor 1: rileks!

      6. Tundalah penundaan!

      Pada umumnya kita suka menunda pekerjaan dengan moto: "Kalau bisa besok, mengapa harus dikerjakan hari ini." Akibatnya sebagian orang menjadi sulit atau tidak nyenyak tidur karena pikiran masih tertinggal di pekerjaan, memang dibutuhkan disiplin.

      Buatlah dafta apa yang harus diselesaikan hari itu, jangan lupa mengatur waktunya.
      Selesaikan apa yang telah Anda mulai. Meninggalkan pekerjaan setengah jadi bisa menyulitkan Anda untuk rileks sebelum tidur. Kadang juga membuat malas untuk menyelesaikan pada keesokan harinya. Peganglah janji untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Buatlah jadwal dan tepatilah apa yang telah Anda rencanakan.

      7. Jangan terobsesi tentang mimpi

      Mimpi memang kontroversial. Ada ilmuwan menganggap mimpi merupakan ungkapan bawah sadar. Yang lain hanya menganggap mimpi sebagai pikiran acak yang masuk ke dalam otak dan tidak memiliki arti. Karena itu, mengenalisis arti mimpi sama sekali tidak ada gunanya. Yang jelas, mengalami mimpi dan bisa mengingat merupakan pertanda tidur kita tidak nyenyak.

      8. Berlatihlah olahraga lebih awal

      Olahraga memamg perlu tapi jika itu dilakukan dekat-dekat waktu tidur akan membuat Anda tidak bisa beristirahat dengan enak. Olahraga bukan hanya membuat kita merasa lelah, tapi organ-organ tubuh seperti otak,jantung dan lain-lain akan terstimulasi menjadi aktif, sehingga membutuhkan waktu untuk pendinginan. Lakukan latihan lebih awal, kalau bisa pagi hari, 30-45 menit 3-4 kali seminggu.

      9. Hati-hati dengan kefein

      Kafein yang terdapat di dalam kopi dan teh hitam memang lazim kita minum pada pagi atau sore hari. Bahkan karena berpendapat bahwa kopi tidak berpengaruh apap pun, kadang orang minum kopi pada waktu menjelang tidur. Padahal, ada efek yang tidak disadari, yaitu menjadi letih saat bangun tidur. Celakanya, oranhg lantas mencoba menghilangkan rasa lelah, letih dan kurang segar itu dengan minum kopi. Ini tak lebih dari lingkaran setan yang mencelakakan. Jangan minum kafein setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Jangan pula meremehkan kefein pada produk lain seperti minuman ringan, penambah ebergi, dan sebagainya.

      10. Makan cemilan, sebelum tidur

      Makan terlalu kenyang, kalau tidak membuat sulit tidur malah membikin ngantuk. Namun, berangkat tidur dalam keadaan perut lapar juga tidak baik karena membuat sulit atau tidak nyenyak tidur. Riset membuktikan makan cepat dan ringan sebelumnya bisa membuat tidur lebih nyenyak. Lakukan sekitar 30 menit sebelum tidur, tapi jangan di atas tempat tidur. Hindari makanan yang mengandung MSG dan kafein.

      11. Jangan merokok

      Merokok bukan hanya akan mengganggu keseahtan, tapi juga membuat Anda terjaga. Riset menunjukkan perokok berat memiliki risiko lebih tinggi memgalami insomnia dibanding bukan perokok.

      12. Jangan minum lalu tidur

      Ada kalanya minuman beralkohol membantu orang untuk tidur. Namun, alkohol akan membuat mereka terjaga pada tengah malam, menambah porsi minum, dan pada akhirnya menuai berbagai penyakit termasuk terganggunya pernapasan. Jangan memilih minuman beralkohol untuk pengantar tidur. Pilihlah teknik rileksasi lain.

      13. Berjalan kakilah pada pagi hari

      Anda mungkin tidak memiliki kesulitan untuk tidur nyenyak. Namun, mungkin Anda belum tahu bahwa jalan kaki pada pagihari bisa membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Mengapa? Ini merupakan rangkaian pembentukan jam biologis Anda. Seperti halnya ritual menjelang tidur, jalan kaki, atau naik sepeda bisa membentuk ritme tubuh kapan harus tidur dan bangun.
      Siapa yang tidak mengenal minuman bersoda bernama Coca cola? Minuman bersoda yang sering mengisi iklan di Indonesia saat-saat terjadi pesta sepak bola dunia (Piala dunia) dan saat bulan Ramadhan. mungkin banyak, dari yang membaca tulisan ini, setidaknya 90% sudah mencoba minuman bersoda ini.





      Tapi tahukah anda beberapa fakta tentang Coca-cola?, Berikut 20 fakta tentang Coca-cola :

      1. Coca-Cola dan aluminium foil akan membuat krom bersinar seperti baru.
      2. Coca cola dapat menghilangkan darah dari kain dan pakaian.
      3. Uang logam yang direndam di Coca cola akan kembali mengkilap.
      4. 4 Liter Coca cola dapat menghapus karat di kolam renang.
      5. Coca cola dapat menyingkirkan noda minyak dari kain.
      6. Coca cola dapat melonggarkan baut yang susah lepas karena karat.
      7. Coca cola akan membersihkan arang bekas pembakaran pada panci.
      8. Coca cola dapat membunuh Siput.
      9. Dengan sedikit Cola, dapat membersihkan terminal aki mobil dengan cepat.
      10. Coca cola dapat digunakan sebagai pengusir serangga yang efektif.
      11. Coca cola dapat menjadikan gigi keropos.
      12. Coca cola dapat membersihkan mesin mobil.
      13. Coca cola dapat membersihkan mesin mobil.
      14. Coca cola dapat membersihkan nat pada ubin dengan mudah.
      15. Coca cola dapat melepaskan permen karet dari rambut.
      16. Coca cola dapat melepaskan cat pada permukaan logam.
      17. Coca cola dapat menghilangkan noda coretan pada karpet.
      18. Coca cola dapat membersihkan noda oli yang sudah terpandam lama di garasi.
      19. Coca Cola dapat membersihkan toilet rumah dengan sempurna.
      20. Coca cola dapat menghilangkan noda dari piring China. Kita tahu piring China sering dijadikan sebagai pajangan di rumah-rumah. namun jika dipajang sekian lama, pasti akan nampak kusam. Hilangkanlah nodanya dengan Cola.
      Setelah membaca fakta diatas, coba bayangkan jika minuman tersebut masuk ke tubuh kita, apakah yang akan terjadi? Seekor siput saja bisa terbunuh dengan Coca-cola. Namun, semua tergantung dari anda, tetap ingin meminum Coca-cola atau tidak.

      Setidaknya dari informasi diatas, kita tahu Coca-cola bisa sangat bermanfaat untuk hal-hal lain selain untuk minuman.


      Sumber : Tau Ga' Sih?
      Piala Dunia FIFA, atau sering disebut Piala Dunia saja, adalah kompetisi sepak bola internasional yang diikuti oleh tim nasional putra senior anggota Fédération Internationale de Football Association (FIFA), badan pengatur sepak bola dunia. Kejuaraan ini telah diselenggarakan setiap empat tahun sekali sejak turnamen 1930, kecuali pada tahun 1942 dan 1946, yang tidak diselenggarakan karena Perang Dunia II.

      Format turnamen saat ini diikuti oleh 32 tim yang bersaing memperebutkan gelar juara di gelanggang olahraga di negara tuan rumah dalam waktu sekitar satu bulan; babak ini sering disebut dengan Final Piala Dunia. Tahap kualifikasi, yang saat ini diselenggarakan dalam waktu tiga tahun menjelang Piala Dunia, digelar untuk menentukan tim mana yang akan lolos ke turnamen, bersama dengan negara tuan rumah.

      19 turnamen Piala Dunia telah dimenangkan oleh delapan tim nasional berbeda. Brasil telah menjuarai Piala Dunia sebanyak lima kali, dan merupakan satu-satunya tim yang secara rutin mengikuti setiap turnamen. Juara Piala Dunia lainnya adalah Italia, dengan empat gelar juara; Jerman Barat dengan tiga gelar juara; Argentina dan Uruguay dengan dua gelar juara; serta Inggris, Perancis, dan Spanyol dengan satu gelar juara masing-masingnya.

      Piala Dunia adalah salah satu kompetisi olahraga yang paling banyak disaksikan di dunia, bahkan melampaui Olimpiade; diperkirakan 715,1 juta orang di seluruh dunia menyaksikan pertandingan final Piala Dunia FIFA 2006 yang digelar di Jerman. Tiga Piala Dunia berikutnya akan diselenggarakan di Brasil pada 2014, di Rusia pada 2018, dan di Qatar pada 2022.

      Daftar juara Piala Dunia FIFA 1930-2010 :

      TahunTuan umahFinalJuara ke-3Tim
      1930UruguayUruguay4 - 2ArgentinaAmerika Serikat*Yugoslavia13
      1934ItaliaItalia2 - 1 (spw)CekoslowakiaJerman3 - 2Austria16
      1938PrancisItalia4 - 2HongariaBrazil4 - 2Swedia16/
      15
      1942Tidak diselenggarakan-------
      1946Tidak diselenggarakan-------
      1950BrazilUruguay*BrazilSwedia*Spanyol16/
      13
      1954SwissJerman Barat3 - 2HongariaAustria3 - 1Uruguay16
      1958SwediaBrazil5 - 2SwediaPrancis6 - 3Jerman Barat16
      1962ChiliBrazil3 - 1CekoslowakiaChili1 - 0Yugoslavia16
      1966InggrisInggris4 - 2 (spw)Jerman BaratPortugal2 - 1Uni Soviet16
      1970MeksikoBrazil4 - 1ItaliaJerman Barat1 - 0Uruguay16
      1974Jerman BaratJerman Barat2 - 1BelandaPolandia1 - 0Brazil16
      1978ArgentinaArgentina3 - 1 (spw)BelandaBrazil2 - 1Italia16
      1982SpanyolItalia3 - 1Jerman BaratPolandia3 - 2Prancis24
      1986MeksikoArgentina3 - 2Jerman BaratPrancis4 - 2 (spw)Belgia24
      1990ItaliaJerman Barat1 - 0ArgentinaItalia2 - 1Inggris24
      1994Amerika SerikatBrazil0 - 0 (3-2p)ItaliaSwedia4 - 0Bulgaria24
      1998PrancisPrancis3 - 0BrazilKroasia2 - 1Belanda32
      2002Jepang &
      Korea Selatan
      Brazil2 - 0JermanTurki3 - 2Korea Selatan32
      2006JermanItalia1 - 1 (5-3p)PrancisJerman3 - 1Portugal32
      2010Afrika SelatanSpanyol1 - 0 (spw)BelandaJerman3 - 2Uruguay32
      2014BrazilJerman1 - 0
      (spw)
      ArgentinaBelanda3 - 0Brazil32
      Keterangan :
      spw: setelah perpanjangan waktu
      p: setelah adu penalti

      Catatan :
      1. Tidak ada pertandingan penentuan tempat ketiga resmi pada tahun 1930; Amerika Serikat dan Yugoslavia kalah di semifinal. Saat ini, FIFA mengakui Amerika Serikat sebagai juara ketiga dan Yugoslavia sebagai peringkat keempat dengan menggunakan catatan keseluruhan tim dalam turnamen.
      2. Austria mengundurkan diri setelah pengundian grup karena Anschluss dengan Jerman; beberapa pemain Austria kemudian bergabung dengan skuat Jerman, yang menyebabkan turnamen saat itu hanya diikuti oleh 15 tim.
      3. a b Tidak ada pertandingan final resmi pada 1950. Juara turnamen diputuskan melalui pertandingan grup dengan sistem kompetisi yang diikuti oleh empat tim (Uruguay, Brasil, Swedia, dan Spanyol). Secara kebetulan, salah satu dari dua pertandingan terakhir mempertemukan dua tim teratas, dengan Uruguay menang 2-1 melawan Brasil, sehingga pertandingan ini sering dianggap sebagai final de facto Piala Dunia 1950. Di sisi lain, pertandingan antara dua tim terbawah diselenggarakan dalam waktu yang bersamaan dengan pertandingan Uruguay vs Brasil, dan dianggap sebagai pertandingan penentuan tempat ketiga, yang berakhir dengan kemenangan Swedia 3-1 atas Spanyol, sekaligus menempatkannya di posisi ketiga.
      4. Hanya 13 tim yang bermain dalam Piala Dunia 1950. 16 tim lolos ke tahap pengundian. Namun, Turki dan Skotlandia mengundurkan diri sebelum pengundian dimulai; Perancis (tersingkir pada babak kualifikasi) diundang untuk menggantikan tim yang mengundurkan diri, sehingga turnamen ini diikuti oleh 15 tim. Setelah pengundian grup, India dan Perancis juga mengundurkan diri, jadi hanya 13 tim yang berpartisipasi dalam turnamen ini.
      Secara keseluruhan, 76 negara telah berpartisipasi setidaknya dalam satu Piala Dunia. Dari jumlah tersebut, delapan tim nasional telah menjuarai Piala Dunia dan telah menambahkan bintang pada lencana mereka, dengan masing-masing bintang mewakili satu kemenangan dalam Piala Dunia. Akan tetapi, Uruguay memilih untuk menampilkan empat bintang pada lencananya, yang mewakili dua medali emas dalam sepak bola Olimpiade 1924 dan 1928, serta dua gelar juara Piala Dunia pada 1930 dan 1950.

      Dengan perolehan lima gelar juara, Brasil adalah tim paling sukses dalam sejarah Piala Dunia, dan juga satu-satunya tim yang bertanding dalam setiap Piala Dunia (19) hingga saat ini. Brasil juga akan menyelenggarakan Piala Dunia ke-20 pada tahun 2014. Italia (1934 dan 1938) dan Brasil (1958 dan 1962) adalah dua negara yang telah menjuarai Piala Dunia dua kali berturut-turut. Hanya Jerman Barat (1982-1990) dan Brasil (1994-2002) yang telah melaju ke babak final sebanyak tiga kali berturut-turut. Negara yang paling sering berada di posisi empat besar adalah Jerman (12 kali), sedangkan rekor dua besar paling banyak adalah Brasil (7 kali).

      Satistik :

      TimJuaraTempat ke-2Tempat ke-3Tempat ke-4Masuk 4 Besar
      Brazil5
      (1958)
      (1962)
      (1970)
      (1994)
      (2002)
      2
      (1950*)
      (1998)
      2
      (1938)
      (1978)
      1
      (1974)
      10
      Italia4
      (1934*)
      (1938)
      (1982)
      (2006)
      2
      (1970)
      (1994)
      1
      (1990*)
      1
      (1978)
      8
      Jerman^3
      (1954)
      (1974*)
      (1990)
      4
      (1966)
      (1982)
      (1986)
      (2002)
      4
      (1934)
      (1970)
      (2006*)
      (2010)
      1
      (1958)
      12
      Argentina2
      (1978*)(1986)
      2
      (1930)
      (1990)
      --4
      Uruguay2
      (1930*)
      (1950)
      --3
      (1954)
      (1970)
      (2010)
      5
      Prancis1
      (1998*)
      1
      (2006)
      2
      (1958)
      (1986)
      1
      (1982)
      5
      Inggris1
      (1966*)
      --1
      (1990)
      2
      Spanyol1
      (2010)
      --1
      (1950)
      2
      Belanda-3
      (1974)
      (1978)
      (2010)
      -1
      (1998)
      4
      Cekoslowakia#-2
      (1934)
      (1962)
      --2
      Hongaria-2 (1938
      (1954)
      --2
      Swedia-1
      (1958*)
      2
      (1950)
      (1994)
      1
      (1938)
      4
      Polandia--2
      (1974)
      (1982)
      -2
      Austria--1
      (1954)
      1
      (1934)
      2
      Portugal--1
      (1966)
      1
      (2006)
      2
      Amerika Serikat--1
      (1930)
      -1
      Chili--1
      (1962*)
      -1
      Kroasia--1
      (1998)
      -1
      Turki--1
      (2002)
      -1
      Yugoslavia#---2
      (1930)
      (1962)
      2
      Uni Soviet#---1
      (1966)
      1
      Belgia---1
      (1986)
      1
      Bulgaria---1
      (1994)
      1
      Korea Selatan---1
      (2002*)
      1
      * : tuan rumah
      ^ : termasuk hasil yang diraih oleh Jerman Barat pada 1954-1990
      # : Bekas negara yang telah dibagi menjadi dua atau lebih negara merdeka

      Sumber : Wikipedia
      Kapal perang adalah kapal yang digunakan untuk kepentingan militer atau angkatan bersenjata. Umumnya terbagi atas kapal induk, kapal kombatan, kapal patroli, kapal angkut, kapal selam dan kapal pendukung yang digunakan angkatan laut seperti kapal tanker dan kapal tender. Di beberapa negara yang memiliki lautan yang membeku pada musim tertentu seperti Rusia dan Finlandia misalnya, kapal pemecah es juga digunakan.

      Kapal perang merupakan salah satu alutsista setiap negara yang dipersiapkan utamanya untuk pertahanan, kapal perang dilengkapi dengan senjata, dari mulai senjata kecil, besar, hingga peluru kendali dan radar serta berbagai kecanggihan lainnya seiring perkembangan zaman, bahkan beberapa kapal perang memiliki atau membawa sebuah senjata rudal berhulu ledak nuklir, selain itu kapal perang juga ada yang ditenagai oleh nuklir untuk penggerak mesinnya, bahkan untuk kapal selam bertenaga nuklir dapat bertahan bertahun-tahun dibawah permukaan air tanpa harus naik kepermukaan selama kebutuhan awaknya masih tercukupi. Kapal perang sendiri sudah banyak yang memiliki kecanggihan“stealth” atau bisa tidak terdeteksi oleh radar, kapal ini biasa disebut kapal siluman.

      Selain membawa berbagai senjata, kapal perang juga dapat membawa kendaraan tempur (tank, helikopter dll) ataupun pesawat tempur, seperti kapal induk dan kapal jenis LPD.

      Untuk lebih jelas mengenai kapal perang, berikut adalah jenis-jenis kapal perang :

      1. Kapal Fregat

      Fregat atau pergata adalah suatu nama yang digunakan bagi berbagai jenis kapal perang pada beberapa masa yang berbeda. Istilah ini merujuk pada beberapa peran dan ukuran kapal yang berbeda.

      Pada zaman kapal layar masih digunakan, fregat diciptakan sebagai kapal untuk melakukan tugas-tugas pengawalan armada dagang. Seperti kita ketahui pada zaman itu orang-orang Eropa sedang giat melakukan penjelajahan samudera untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah. Dalam pelayaran tersebut sering dijumpai gangguan, baik dari perompak maupun dari armada militer negara musuh. Untuk itu diciptakan sebuah kapal yang mampu melakukan pelayaran jarak jauh, namun juga dapat mempertahankan diri dari serangan musuh. Pada zaman itu kapal jenis fregat biasanya dilengkapi dengan meriam disetiap sisi, haluan, dan buritan.

      Kapal fregat muncul ketika negara-negara maritim seperti Spanyol, Belanda, Inggris, Portugal memerlukan kapal-kapal perang yang lebih lincah, lebih gesit dan lebih ringan dibandingkan dengan galleon. Hal ini diperlukan untuk menjaga atau patroli di wilayah jajahan sekaligus untuk menjaga kehadirannya di perairan dengan jumlah kapal yang lebih banyak. Untuk itu pada abad ke-17 hadirlah kapal-kapal fregat atau frigatte. Pada abad ke 18 dan 19 frigatte kemudian dimodifikasi dan ditambahkan tempat komando yang kemudian ditambahkan pada kapal galleon.

      Kapal fregat memiliki ukuran lebih kecil daripada galleon namun memiliki tiga tiang layar. Perkembangan taktik dari pertempuran laut, yaitu barisan tempur formasi lurus atau line of battle membuat jenis kapal ini dimodifikasi dan memunculkan varian kapal yang baru disebut kapal tempur utama atau ship of the line. Berbeda dengan kapal fregat, kapal tempur utama ini cenderung hanya digunakan bila ada pertempuran laut skala besar, misal Pertempuran Trafalgar dimana suatu kapal tempur utama bisa membawa hingga 100 meriam.

      Saat ini, fregat adalah salah satu jenis kapal kombatan yang digunakan untuk patroli samudera, serta pengawalan armada dagang dan tangker di daerah rawan.

      Kapal fregat modern biasanya dilengkapi dengan meriam serba guna, torpedo, rudal dari permukaan ke permukaan, dan rudal dari permukaan ke udara. Secara spesifik fregat dibagi dalam beberapa fungsi, ada spesialis antikapal selam, antikapal permukaan, patroli,dan pertahanan udara. Sistem senjata dan elektronika yang ada di setiap fregat disesuaikan dengan tugas spesifik tersebut.

      2. Kapal Induk

      Kapal induk (Carrier Vessel, CV) adalah sebutan untuk kapal perang yang memuat pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut. Selain itu juga digunakan sebagai pusat komando operasi dan sebagai kekuatan detterence atau memberikan efek gentar pada lawan.

      Sebagai kapal yang membawa pesawat, kapal induk memiliki fleksibilitas tempur yang lebih tinggi dibanding jenis kapal perang lainnya. Selain kegunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti pengintaian, superioritas udara, atau memberikan bantuan.

      3. Kapal Jelajah Tempur

      Kapal jelajah tempur (Battle Cruiser; Jerman: Schlachtkreuzer) adalah jenis kapal tempur yang dari ukuran besar dan persenjataan dapat dibandingkan dengan kapal perang dan dari ukuran kecepatan dapat di bandingkan dengan kapal penjelajah. Kedua keunggulan ini harus dibayar dengan penggunaan lapisan baja lebih tipis atau persenjataan dengan daya tembak yang lebih lemah.

      Setelah Perang Dunia II, hanya kapal penjelajah nuklir kelas Kirov dari Uni Sovyet yang digolongkan sebagai kapal jelajah tempur.

      4. Kapal Korvet

      Korvet merupakan jenis kapal perang yang lebih kecil dari fregat dan lebih besar dari kapal patroli pantai, walaupun banyak desain terbaru yang menyamai fregat dalam ukuran dan tugas. Biasanya dimasukan kategori sebagai kapal patroli yang mampu melakukan operasi sergap dan serbu secara mandiri. Istilah korvet sendiri diperkenalkan oleh Angkatan Laut Perancis pada abad ke-17 untuk menyebut suatu kapal kecil (biasanya membawa 20 meriam) yang digunakan untuk melindungi kapal dagang dan patroli lepas pantai. Angkatan Laut Inggris kemudian juga mengadopsi istilah ini pada abad ke-19.

      Desain kapal korvet yang umum digunakan hingga saat ini merupakan hasil pengembangan dari kapal penangkap ikan paus (whale chatcher). Kapal ini merupakan jawaban akan kapal perusak/destroyer atau kapal penghancur kapal torpedo (torpedo boat destroyer) yang berukuran lebih besar. Dimana Angkatan Laut Inggris memerlukan kapal kecil dan gesit dengan tugas melindungi kapal-kapal dagangnya. Kapal korvet sendiri memiliki fungsi yang serupa dengan kapal perusak, tetapi berukuran lebih kecil.

      Kapal korvet, selain kapal fregat adalah kapal yang menjadi primadona bagi Angkatan Laut di berbagai negara, mengingat kemampuannya yang cukup tinggi. Kapal Korvet selain menyandang persenjataan yang cukup modern dan dilengkapi dengan rudal sehingga cukup mematikan bila berhadapan dengan kapal-kapal perang yang lainnya. Desain kapal korvet yang terbaru juga mampu mengangkut helikopter. Begitupun harganya cukup terjangkau oleh banyak negara.

      5. Landing Platform Dock

      Sebuah Landing Platform Dock atau LPD (juga dikenal sebagai Amphibious Transport Dock) adalah sebuah kapal perang amfibi yang meluncurkan, membawa dan mendaratkan elemen kekuatan darat untuk misi-misi perang gerak cepat. Kapal-kapal ini umumnya dirancang untuk membawa pasukan ke zona pertempuran lewat laut dan memiliki kemampuan membawa kekuatan udara terbatas (biasanya helikopter).




      6. Kapal Perusak

      Kapal perusak atau destroyer merupakan kapal perang yang mampu bergerak cepat serta lincah bermanuver. Fungsi kapal perusak adalah memproteksi armada kapal perang yang berukuran lebih besar seperti kapal induk (carrier) atau capital warship {kapal tempur (battleship) atau kapal penjelajah (cruiser)} dari ancaman serangan peralatan perang yang lebih kecil seperti kapal terpedo, kapal selam atau pesawat terbang.

      Sebelum Perang Dunia II, kapal perusak merupakan kapal perang ringan yang tidak memiliki ketahanan untuk beroperasi di laut lepas, sehingga harus beroperasi secara berkelompok; selama dan setelah perang; kapal perusak menjadi kapal yang mandiri dan tonasenya serta perannya semakin bertambah, terutama ketika cruiser menjadi sangat berperan pada tahun 1950 and 60-an.

      Pada awal abad ke-21, kapal perusak menjadi kapal perang permukaan terberat dengan fungsi yang sangat umum, hanya empat negara (Amerika Serikat, Rusia, Perancis dan Peru) yang mengoperasikan cruiser (kapal yang lebih besar) dan tidak ada lagi negara yang mengoperasikan battleship. Kapal perusak modern memiliki tonase yang hampir sama dengan cruiser masa Perang Dunia II, tetapi secara persenjataan sudah sangat superior bahkan mampu mengangkut misil nuklir yang mampu menghancurkan sebuah kota dalam waktu singkat.

      7. Kapal Perusak Berpeluru Kendali

      Kapal perusak berpeluru kendali adalah sejenis kapal perusak yang dirancang dapat meluncurkan peluru kendali. Beberapa jenis lainnya dilengkapi juga dengan senjata anti kapal selam, anti pesawat terbang dan anti kapal. Di Angkatan Laut Amerika Serikat, kapal dari jenis ini memiliki kode DDG.

      Kapal perusak berpeluru kendali dilengkapi dengan dua buah sistem peluncur peluru kendali, umumnya Sistem Peluncur Vertikal. Beberapa kapal perusak memiliki sistem radar canggih seperti sistem perang Aegis.

      8. Kapal Siluman

      Kapal Siluman (Stealth ship) adalah kapal yang tidak kasat radar atau tidak tertangkap radar, kalaupun tertangkap biasanya citra yang ditampilkan pada layar radar mirip kapal nelayan atau objek yang tidak membahayakan. Rancang bangun kapal ini adalah memodifikasi kapal perang biasa dan umumnya digunakan oleh militer dengan menyembunyikan tonjolan atau bangun kapal yang dianggap dapat memperbesar citra radar (RCS/Radar Cross Section) seperti bentuk dan dudukan serta letak meriam, mengurangi tiang-tiang kapal, menyembunyikan peluncur rudal sampai menggunakan bahan antiradar (RAM/Radar Anti Material).

      Saat ini kapal model seperti itu dapat dijumpai pada kapal Fregat kelas La Fayyete (Perancis) dan masih dalam penelitian serta riset untuk membentuk kapal perang dimasa datang

      9. Kapal Tempur

      Kapal tempur adalah kapal perang besar berzirah dengan baterai utama yang terdiri atas meriam berkaliber besar. Kapal tempur lebih besar, dengan persenjataan dan pelindung yang lebih baik, daripada kapal penjelajah maupun kapal perusak. Sebagai kapal bersenjata terbesar dalam suatu armada, kapal tempur digunakan sebagai pemegang komando laut dan melambangkan puncak kekuatan laut suatu bangsa sejak sekitar tahun 1875 hingga Perang Dunia II. Dengan bangkitnya kekuatan udara, peluru kendali, dan bom kendali, meriam besar tak lagi dianggap perlu untuk memiliki keunggulan kekuatan laut dan aibatnya kapal tempur pun tak lagi digunakan.

      Rancangan kapal tempur berkembang untuk memasukkan dan menyerap kemajuan teknologi untuk menjaga keunggulan. Kata "kapal tempur" dalam bahasa Inggris, yakni battleship, diciptakan sekitar tahun 1794 dan merupakan kependekan dari frasa kapal tempur baris, yang merupakan kapal perang dominan selama Zaman Pelayaran. Istilah ini digunakan secara resmi pada akhir 1880-an untuk menyebut kapal perang berzirah besi, yang kini oleh para sejarawan disebut sebagai kapal tempur pra-dreadnought . Pada tahun 1906, pembuatan HMS Dreadnought menunjukkan revolusi dalam rancangan kapal tempur. Rancangan kapal tempur sesudahnya, yang dipengaruhi oleh HMS Dreadnought, disebut kapal "dreadnought".

      Kapal tempur adalah lambang dominasi kekuatan laut dan keperkasaan nasional, dan selama berpuluh-puluh tahun kapal tempur menjadi faktor penting baik dalam diplomasi dan strategi militer. Persaingan senjata global dalam pembangunan kapal tempur yang dimulai pada akhir abad ke-19, dan diperburuk oleh Dreadnought, menjadi salah satu penyebab Perang Dunia I, yang menunjukkan bentrokan armada-armada laut besar pada Pertempuran Jutland. Perjanjian Angkatan Laut pada tahun 1920-an dan 1930-an membatasi jumlah kapal perang namun tidak mengakhiri perkembangan rancangannya. Baik Sekutu maupun Poros mengerahkan kapal tempur dengan konstruksi lama maupun baru pada Perang Dunia II.

      Nilai guna kapal tempur sering dipertanyakan, bahkan selama masa keunggulannya. Terlepas dari banyaknya sumber daya yang dihabiskan untuk kapal tempur, hanya ada sedikit bentrokan antar kapal tempur. Bahkan dengan kekuatan tembakan dan perlindungan yang luar biasa, kapal tempur semakin lama semakin rawan terhadap serangan senjata dan kendaraan tempur yang lebih kecil dan murah: pada awalnya torpedo dan ranjau laut, dan kemudian pesawat tempur dan peluru kendali. Semakin banyaknya bentrokan laut berujung pada kapal induk menggantikan kapal tempur sebagai kapal utama selama Perang Dunia II, dengan kapal tempur terakhir yang diluncurkan adalah HMS Vanguard pada tahun 1944. Kapal tempur digunakan kembali oleh Amerika Serikat dalam Perang Dingin hanya untuk tujuan pendukung serangan. Kapal tempur terakhir Amerika Serikat, yaitu USS Wisconsin dan USS Missouri, dinonaktifkan pada tahun 1991 dan 1992, dan pada akhirnya dikeluarkan dari Naval Vessel Register Amerika Serikat pada tahun 2006 dan 1995.

      10. Kapal Penyapu Ranjau

      Kapal penyapu ranjau adalah kapal perang laut kecil yang dirancang untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh ranjau laut. Kapal penyapu ranjau umumnya mendeteksi kemudian menetralisir ranjau sebelum kegiatan operasi laut lainnya. Kapal penyapu ranjau dengan tujuan dan tugas khususnya mulai dibangun pertama kali selama Perang Dunia I, yaitu dengan munculnya kapal penyapu ranjau kelas Bunga (Flower-class minesweeping sloop).




      11. Kapal Jelajah Pesawat Terbang

      Kapal jelajah (cruiser) pesawat terbang atau cruiser-carrier tahun 1930-an awalnya merupakan konsep eksperimental menciptakan kapal perang all-around, mencoba untuk menggabungkan semua fitur yang baik dari kapal induk dan kapal penjelajah berat. Para penjelajah pesawat awal biasanya dipersenjatai dengan artileri yang relatif berat ,tambang dan sejumlah pesawat dilengkapi dengan pelampung (membuat kapal jenis amfibi).

      Desain kapal pesawat penjelajah awal ternyata berhasil. Pesatnya perkembangan pesawat angkatan laut pada 1930-an yang cepat dan mereka membangun kembali misalnya sebagai kapal penjelajah anti-pesawat.

      Sebuah turunan yang lebih modern dari kapal penjelajah pesawat adalah cruiser helikopter. Kapal induk kelas Invincible dari Royal Navy juga dapat dipertimbangkan; mereka awalnya digolongkan sebagai kapal penjelajah karena peran aslinya sebagai komando dan kontrol platform serta kapal ASW, mengambil peran-peran dari "Tiger" konversi kelas cruiser RN.

      Di Angkatan Laut Rusia, "Aviation Cruiser" adalah sebutan untuk kelas Kiev dan kelas kapal Kuznetsov. Mereka adalah persilangan antara cruiser dan kapal induk dan dibagi dalam dua kelas, kapal penjelajah penerbangan dan kapal penjelajah penerbangan berat.

      12. Kapal Jelajah Kelas Sverdlov

      Kapal penjelajah kelas Sverdlov, designasi Soviet Proyek 68B adalah kapal penjelajah konvensional terakhir yang dibuat untuk angkatan laut Uni Soviet. Sebanyak 13 kapal selesai dibuat sebelum Nikita Khrushchev menghentikan program tersebut karena menganggap kapal-kapal tersebut sudah ketinggalan sehubungan dengan tidak adanya kemampuan meluncurkan peluru kendali.


      13. Kapal Cepat Rudal

      Kapal cepat rudal merupakan kapal pemukul reaksi cepat yang dalam pelaksanaan tugasnya mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat, menghancurkan target sekali pukul dan menghindar dari serangan lawan dalam waktu singkat pula.

      Kapal ini biasanya memiliki panjang 40-60 meter dan dilengkapi peluru kendali serta memiliki kecepatan bermanuver yang cukup cepat.


      14. Kapal Selam

      Kapal selam adalah kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Sebagian besar Angkatan Laut memiliki dan mengoperasikan kapal selam sekalipun jumlah dan populasinya masing-masing negara berbeda. Selain digunakan untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan untuk ilmu pengetahuan laut dan air tawar dan untuk bertugas di kedalaman yang tidak sesuai untuk penyelam manusia.

      Kapal selam militer digunakan untuk kepentingan perang atau patroli laut suatu negara, berdasarkan jenisnya setiap kapal selam militer selalu dilengkapi dengan senjata seperti meriam kanon, torpedo, rudal penjelajah / anti pesawat dan anti kapal permukaan, serta rudal balistik antar benua.

      Sumber : Wikipedia
      Facebook Follow me on Twitter! Follow me on Google+! Subscribe on Youtube! Subscribe to RSS Feed